Home / Fokus Redaksi / Menkeu: Medan Berpotensi Dibangun LRT
WOL Photo

Menkeu: Medan Berpotensi Dibangun LRT

MEDAN, WOL – Melihat perkembangan Medan, Sumatera Utara, pemerintah berencana akan membangun Light Rapit Transit (LRT) di Medan.

Melalui Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, saat melakukan kunjungan ke proyek jalur layang KA Medan-Kualanamu di Medan, mengatakan saat ini pemerintah tengah merintis kerja sama dengan pihak swasta untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Karena memang pemerintah tengah membidik dan melihat kondisi Kota Medan sebagai salah satu target pembangunan jenis kereta api dalam kota itu, yang sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat Medan,” terangnya, Rabu (17/1).

Bukan hanya jalur layang, Kota Medan tampaknya juga sudah layak dibangun LRT.

“Ini yang akan menjadi progres pemerintah dengan perkembangan kota dan transportasi massa saat ini, LRT bisa mendapat sambutan luar biasa di Medan,” ungkapnya.

Dan kerja sama dengan pihak swasta bisa saja dilakukan jika anggaran di Kementerian Perhubungan terbatas. Ini sekarang tergantung Pak Menteri (Menhub). Kalau dana mereka kurang, Kementerian Keuangan siap kerja sama dengan swasta.

“Dan pemerintah sendiri, akan menyediakan skema kerja sama jika rencana tersebut akan dilaksanakan. Sebagai pandangan umum, pemerintah kemungkinan menggunakan jasa swasta termasuk pendanaan dalam membangun LRT,” tambahnya.

“Di Medan sendiri, kerja sama pemerintah dengan pihak swasta dalam membangun infrastruktur belum terlalu banyak. Salah satu proyek kerja sama yang saat ini tengah dilakukan adalah proses pembangunan dan pengembangan Rumah Sakit Pirngadi, kita mengharapkan ada kerja sama yang lainnya,” pungkas Menkeu.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

DJPb Salurkan Dana Desa Tahap Satu di Sumut Sebesar Rp700 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: