Home / Medan / Menjadi enterpreneur solusi keluar dari kemiskinan
Ilustrasi

Menjadi enterpreneur solusi keluar dari kemiskinan

MEDAN, WOL – Memiliki pendapatan di atas rata-rata merupakan impian seseorang. Namun bukan berarti dengan penghasilan yang pas-pasan, seseorang tidak dapat melakukan perubahan tingkat kesejahteraan kehidupannya. Hal ini lah yang dikatakan Direktur Indonesia Enterpreneur Club (IEC) Syafii Efendi SE, yang juga salah satu motivator termuda di Indonesia.

Menurutnya, tuntutan upah layak yang diteriakkan para buruh setiap menggelar aksi unjukrasa sebuah bentuk pemberontakan atas ketimpangan kerja dengan hasil yang di dapat. Hal ini diperparah lagi dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak yang juga memicu kenaikan sejumlah kebutuhan pokok dipasaran.

“Buruh menuntut upah layak, karena mereka menganggap, upah yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan tingkat kebutuhan dipasaran. Saya menilai tuntutan itu wajar di suarakan. Akan tetapi, jika pengelolaan keuangan yang pas-pasan dilakukan dengan bijak, seorang buruh dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Contohnya, jangan menjadi konsumtif dan membeli kebutuhan seperlunya saja,” ungkapnya kepada Waspda Online, Minggu (12/4).

Selain tidak menjadi orang yang konsumtif, lanjut Syafii, menabung atau mencoba membuka usaha sampingan yang modalnya relatif kecil, juga dapat mengeluarkan seseorang keluar dari jeratan kemiskinan. Yang terpenting, jenis usaha yang akan dijalankan sangat dibutuhkan masyarakat. “Banyak jenis usaha sampingan yang modalnya tidak besar yang bisa dilakoni para buruh. Misalnya jual pulsa elektronik, mengkreditkan alat dapur dan lainnya. Jenis usaha seperti ini hanya butuh jaringan atau relasi. Jika sudah begitu, kebutuhan biaya diluar catatan bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Lebih lanjut Syafii menambahkan, Indonesia Enterpreneur Club siap menjadi fasilitator jika para buruh ingin berdiskusi atau menggelar pelatihan kewirausahawan. Sehingga masyarakat Indonesia khususnya Sumut secara skill siap mengadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah di depan mata. (wol/muhammad rizki/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: