Home / Medan / Media and Virtual Communication Penting di Era Zaman Now
WOL Photo/Eko Kuriawan

Media and Virtual Communication Penting di Era Zaman Now

MEDAN, Waspada.co.id – Mendukung dan terus mendorong komunikasi di era digital berbasis teknologi mahasiswa dan dosen Magister Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan konferensi internasional.

Seminar atau konferensi ini bertajuk “1st International Conference of Communication Social Cultural Development and Digital Technology 2018 (Icomm DT 2018) berlangsung di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat (7/9).

Event internasional ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 FISIP USU tahun 2018. Kegiatan ini juga untuk terus meningkatkan kualitas dan publikasi penelitian.

Dengan tema Media and Virtual Communication Perspective in “The Era Zaman Now” dan kegiatan ini juga merupakan implementasi nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Magister Ilmu Komunikasi Fisip USU dan School of Communication University Sains Malaysia yang ditandatangani beberapa waktu yang lalu.

Head of Magister Communication of Sience-University of Sumatera Utara, Prof. Lusiana Andriani Lubis, MA., Ph.D, saat menjadi pembicara mengatakan bahwa pentingnya komunikasi digital di era sekarang menjadi tombak dalam mendukung informasi yang koperatif dan efisien untuk bisa diterima masyarakat.

“Media serta Virtual Communication juga menjadi tombak untuk mendukung perkembangan komunikasi di era digital yang berbasis teknologi pada saat sekarang ini, karena secara garis besar kita melihat komunikasi saat ini banyak khalayak memanfaatkan perkembangan digital,” ungkapnya.

Sementara itu, disampaikan Head of Research and Development of Human Resources Ministry Communication and Informatics – Kemkominfo RI, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar MA, bahwa komunikasi virtual atau virtual communication adalah komunikasi proses penyampaian dan penerimaan pesan menggunakan cyberspace/ruang maya yang bersifat interaktif.

“Tentu komunikasi virtual tidak dapat lepas dari sebuah media internet yang menggunakannya sebagai alat komunikasi. Di sini terlihat adanya peralihan gaya atau kebiasaan manusia dalam berkomunikasi menyampaikan informasi dengan sesamanya. Dikatakan begitu, karena saat ini manusia tidak perlu lagi berkomunikasi pada waktu, tempat yang sama, oleh karena itu ini yang harus kita dorong dan mendukung komunikasi yang lebih efektif,” terangnya.

Pada seminar ini turut hadir, Deputy Vice Chancellor, Student Development Affairs & Alumni – Universiti Sains Malaysia Prof. Dato’ Dr.Adnan Hussein, Secretary of Magister Communication of Science – University of Sumatera Utara Syafruddin Pohan, M.Si., Ph.D, Dean School of Communication Dr Shuaindah MD Nor, dan Political Communication Skill University Of Padjajaran Dr Suwandi Sumartias, M.Si, serta ada sekitar 40 kertas kerja yang diseminarkan dari sejumlah negara antara lain dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Jerman.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Mantab! PS Keluarga USU U-15 Bungkam PS Sergai 7-0

MEDAN, WOL – PS Keluarga USU usia 15 tahun menaklukan PS Sergai U 15 tujuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: