Home / Fokus Redaksi / Medan Termasuk 20 Kota Rawan Banjir di Indonesia
WOL Photo

Medan Termasuk 20 Kota Rawan Banjir di Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan musim hujan datang di akhir tahun 2018. Berdasarkan data PUPR dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan pada Desember nanti melebihi 500 milimeter atau masuk kriteria sangat tinggi.

Dirjen Sumber Daya Air, Hari Suprayogi, mengatakan ada 20 kota rawan banjir. Kota itu akan menjadi fokus upaya Kementerian mengantisipasi banjir sejak awal, meski musim hujan sebetulnya sudah dimulai sejak November ini.

“Ada 20 kota rawan banjir, karena banjir itu yang bahaya, ya, di kota; kalau di daerah atau hutan kota itu biasanya irigasi yang kena atau hanya tanaman,” kata Hari di Jakarta, Kamis (1/11) kemarin.

Ke-20 kota yang menjadi fokus atau rawan banjir itu adalah Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bandar Lampung, Pontianak, Samarinda, Makassar, Ambon, Manado, Gorontalo, Kendari, Palembang, Jayapura, Sorong, dan Palu.

Disebutkan, Kementerian PUPR melakukan manajemen banjir secara tahun jamak yang masih berlanjut hingga sekarang. Puncak musim hujan yang akan datang juga diprediksi terjadi pada Januari dan Februari 2019.

Untuk mengantisipasi itu, Kementerian PUPR sejak tahun 2015-2018, menormalisasi sungai, tanggul banjir atau kanal sepanjang 142 kilometer di lokasi tertentu. Termasuk pembangunan pintu air 16 unit, kolam retensi 2 unit, dan pembangunan sistem pompa 2 unit. Total, biaya mencapai Rp4,4 triliun.

Sebagai antisipasi banjir, Kementerian PUPR memantau setiap hari mulai dari pencegahan hingga penanggulangan yang dikerjasamakan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Apabila terjadi banjir, penanggulangan ini adalah tugas BNPB, kami (Kementerian PUPR) sebagai pendukung. Kita beri bantuan, peralatan, termasuk bantuan komunikasi, posko-posko kita buka. Termasuk komunikasi, termasuk sarana prasarana secara darurat, termasuk akses terhadap air bersih,” ujarnya. (wol/aa/vvn/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

“Atasi Banjir Kita Lakukan Pembenahan di Beberapa Titik”

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: