Newsticker
WOL / Fokus Redaksi / Medan Plaza Centre Sengaja Dibakar?
Kebakaran gedung Medan Plaza Centre, Sabtu (22/8). menghanguskan satu unit bangunan salah satu plaza tertua di kota Medan. (WOL Photo/Ega Ibra)
Kebakaran gedung Medan Plaza Centre, Sabtu (22/8). menghanguskan satu unit bangunan salah satu plaza tertua di kota Medan. (WOL Photo/Ega Ibra)

Medan Plaza Centre Sengaja Dibakar?

MEDAN, WOL – Peristiwa kebakaran yang menghanguskan gedung mal Medan Plaza Centre yang berada di Jalan Iskandar Muda, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (22/8) dini hari sekitar pikul 01.00 WIB tadi, menimbulkan anggapan yang berbeda. Ada dugaan gedung plaza tertua di Medan itu bukan terbakar, melainkan sengaja dibakar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Sebab, bangunan yang menjadi pusat perbelanjaan bagi warga Kota Medan tersebut kondisinya sudah tidak layak alias sudah tua.

“Aku menyakini Medan Plaza ini bukannya terbakar akan tetapi dibakar oleh oknum-oknum tertentu,” ungkap seorang warga yang enggan menyebutkan identitasnya kepada wartawan, Sabtu (22/8) pagi ini.

Sumber itu menyebutkan, gedung yang terbakar tersebut kondisinya sudah tua, dan sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

“Bangunan ini berdiri sudah berpuluh-puluh tahun silam. Informasi yang aku ketahui pemilik Medan Plaza ini beberapa tahun ini mengalami kerugian, alias sudah mau bangkrut. Mungkin saja ada orang suruhan untuk membakar gedung ini, biar mendapatkan klaim dari pihak asuransi,” sebutnya.

Dia mengungkapkan, kebarakan terjadi sekitar pukul 01.00 dini hari selang beberapa jam setelah aktivitas pertokoan tutup. “Medan Plaza ini tutup sekitar pukul 23.00-24.00 WIB. Masak baru dua jam tutup mal ini bisa terbakar. Seperti sudah direncanakan, bisa saja sengaja dibakar dini hari supaya tidak menimbulkan kecurigaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2K Kota, Marihot Tampubolon, menjelaskan kebakaran terjadi diduga akibat korsleting aliran listrik yang berada di lantai II. Dikarenakan banyaknya barang-barang yang mudah terbakar membuat api semakin membesar dan melalap seluruh bagian gedung.

“Saat ini belum tahu kita penyebab pastinya apa. Akan tetapi, keterangan yang kita dapat dari petugas keamanan Medan Plaza asal api akibat korsleting listrik dari lantai II.  Saat ini kami dari petugas pemadam kebakaran masih melakukan upaya pemadaman karena api kondisinya semakin membesar,” terangnya.

Hingga saat ini, petugas pemadam kebakaran masih melakukan upaya pemadaman mengingat api sudah menjalar di seluruh gedung plaza tertua kedua di Medan ini. Awak media juga masih mencari tahu siapa sebenarnya pemilik Medan Plaza yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. (Lvz/data2)

Editor: AGUS UTAMA

Baca Juga

Aiptu Imransyah Ginting SH bersama Brigadir Beny Dektus Ginting SH, mengintrogasi tersangka. (WOL Photo/gacok)

Pensiunan PNS ‘Gol’ Kasus Penipuan Rp50 Juta

MEDAN, WOL – Seorang pensiunan PNS terlibat kasus penipuan dan penggelapan uang Rp50 juta ‘gol’ ...

  • anon1

    Medanesia.com adalah portal untuk anak Medan.

    Yang menjadi tempat bertanya, bercerita dan berbagi.

    Dan pastinya juga tempat untuk posting IKLAN BARIS, LOKER dan sebagainya.

    Silahkan ikutan gabung ya.

  • anon1

    Klik di sini: http://medanesia.com/category/10/iklan-barang

    Kawan-kawan IKLANKAN barang dagangan kalian di Medanesia.

    Medanesia adalah FORUM dari & untuk anak Medan (seperti kaskus).

    Tempat untuk posting IKLAN BARIS, LOKER dsb..

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.