Home / Medan / “Medan Contoh Kota Multikultural di Indonesia”
Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, (WOL Photo/M Rizki)

“Medan Contoh Kota Multikultural di Indonesia”

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menyebut Kota Medan kini menjadi contoh multikutural yang sangat harmonis di Indonesia. Oleh karena itu, jika ada riak-riak kecil yang mencoba mengganggu keharmonisan tersebut, seluruh elemen masyarakat secara bersama-sama dengan kesadaran sendiri langsung bergerak mengantisipasinya.

Di samping itu terlihat jelas bukti bahwa di Kota Medan mayoritas melindungi minoritas, sebaliknya minoritas pun menghormati dan menghargai mayoritas. Melalui Ramadhan Fair XV tahun 2018, Wali Kota berharap dapat mewakili cerminan religiusitas kota sekaligus menggambarkan kota yang damai penuh toleransi sekaligus sebagai kota multikultural.

Dikatakan, Ramadhan Fair juga menjadi wadah silaturahmi dan interaksi sosial religius sekaligus menjadikan dunia usaha, terutama UMKM dapat berkembang sekaligus meningkatkan segmen pasar produk-produk yang dihasilkan. Yang lebih penting lagi tegas Wali Kota, Ramadhan Fair diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mampu bersaing dengan pasar modern.

Diakui Wali kota, sebagai event yang telah menjadi kalender rutin Pemko Medan setiap tahunnya, perhelatan Ramadhan Fair masih jauh dari kata sempurna. Dikatakannya, berbagai masalah kerap mewarnai pelaksanaan. Oleh karenanya evaluasi terus dilakukan agar pelaksanaan Ramadhan Fair semakin membaik.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu berharap, perhelantan Ramadhan Fair tidak hanya sebagai media efektif bagi para pelaku UMKM untuk mengenalkan produknya, tetapi juga dapat menjadi media syiar yang bermuara pada semakin kuatnya kehidupan beragama di Kota Medan.

“Itu sebabnya setiap gelarannya agar lebih menarik dan diminati masyarakat, termasuk para wisatawan,  Ramadhan Fair selalu menggabungkan konsep edukasi dan siar islam yang dirangkaikan dengan hiburan bernuasa Islami,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota tak lupa mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan untuk memuliakan bulan suci Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah seraya senantiasa menjaga serta memelihara kesucian bulan yang penuh rahmat, berkat serta keampunan tersebut.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, atas nama pimpinan dan anggota DPRD Medan sangat mengapresiasi kepada Pemko Medan atas digelarnya Ramadhan Fair. Selain sebai syiar Islam, event yang rutin digelar setiap tahunnya sebagai wadah silaturahmi bagi warga Kota Medan.

“Di samping itu yang lebih penting lagi, kegiatan ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat karena diikuti para pelaku UMKM,” ungkap Iswanda. (wol/mrz/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

15 Pelajar Medan Siap Mengukuti Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 15 pelajar dilepas untuk mengikuti program Pertukaran Pelajar ke Kota Gwangju, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: