Home / Fokus Redaksi / May Day, Ini Harapan Buruh Kota Medan
Ketua Federasi Serikat Buruh Pelabuhan Pelaut dan Nelayan Indonesia, Poltak Tampubolon SH. (kiri) dan Ketua FSP Farkes Kota Medan, Noviandi. (WOL Photo)

May Day, Ini Harapan Buruh Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), Selasa (1/5), disambut suka cita seluruh kaum buruh.

Terlihat para buruh tergabung dalam Gabungan Aliansi Pekerja Buruh Seluruh Indonesi (GAPBSI) Kota Medan, memadati Gelanggang Remaja untuk menyampaikan aspirasinya.

Seperti diungkapkan Ketua FSP Farkes Kota Medan, Noviandi, bahwa May Day merupakan momentum meningkatkan taraf hidup buruh yang lebih sejahtera sesuai peraturan dan undang-undang yang telah ditetapkan Pemko Medan mengenai masalah pengupahan.

“Sampai saat ini masih banyak kasus-kasus tentang masalah pengupahan,” ungkapnya.

Noviandi berharap kedepannya pelanggaran tentang masalah pengupahan yang dilakukan pihak perusahaan secepatnya teratasi dan tidak terulang kembali.

Pada kesempatan yang sama, Poltak Tampubolon SH, selaku Ketua Federasi Serikat Buruh Pelabuhan Pelaut dan Nelayan Indonesia, mengakui masihnya adanya sistem kerja outsourching. Hal itu dinilai sangat merugikan pekerja.

“Kami minta agar Pemko Medan menertibkan perusahaan-perusahaan yang memperkerjakan karyawannya dengan sistem outsourching,” akunya.

Diketahui, Pemerintah Kota Medan bersama GAPBSI Kota Medan, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Peringatan May Day.

Dalam penandatangan menerangkan bahwa Pemko Medan bersedia bekerjasama dengan para buruh untuk meningkatkan tarif upah layak serta penghapusan sistem outsourching untuk meningkatkan kesejahteraan.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan bahwa Peringatan May Day dapat merangkul seluruh buruh di Kota Medan. Sebab buruh merupakan identitas pembangunan. Tanpa kehadiran buruh tentunya pembangunan tidak dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Penekenan MoU ini merupakan langkah kerjasama antara buruh dengan Pemko Medan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh,” pungkasnya. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wali Kota Apresiasi Program CSR Mandiri Mudik Bareng

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengapresiasi digelarnya Mandiri Mudik tahun 2018. Diharapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: