_
Home / Medan / Masyarakat Sumut Sikat Gigi Secara Teratur Hanya 1,2 Persen
WOL Photo/Eko kurniawan

Masyarakat Sumut Sikat Gigi Secara Teratur Hanya 1,2 Persen

MEDAN, WOL – Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Rikerdas), dari 94,4 persen masyarakat Sumatera Utara yang menyikat gigi dua kali sehari, hanya 1,2 persen yang melakukan sikat gigi di waktu yang benar, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Angka tersebut berada di bawah angka rata-rata secara nasional yang juga masih 2,3 persen. Hal ini disampaikan, Dekan FKG Universitas Sumatera Utara, DR Trelia Boel MKes drg Sp RKG (K) kepada Waspada Online pada kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Pepsodent di Halaman Rektorat Kampus USU, Senin (19/9).

“Karena sebagian dari kita masih memiliki kebiasaan menyikat gigi yang salah, yaitu tidak menyikat gigi dengan cara, frekuensi dan waktu yang dianjurkan. Itu yang menyebabkan gejala-gejala kerusakan pada gigi akan timbul,” tuturnya DR Trelia Boel.

Padahal dengan menyikat gigi dua kali sehari diwaktu pagi, setelah sarapan dan malam sebelum tidur dapat mengurangi resiko gigi berlubang sebanyak 50 persen.

“Di sini peran orang juga perlu terutama dalam mendampingi anaknya saat aja menyikat gigi, karena penelitian memperlihatkan bahwa resiko gigi berlubang pada lapisan terluar dentum gigi, bekurang secara signifikan sebesar 32 persen dan 56 persen pada lapisan dentum gigi terdalam pada anak, yang mendapatkan pendampingan menyikat gigi dari para orang tua,” jelasnya.

Karena kebiasaan buruk yang berpengaruh bagi kesehatan gigi dan mulut lainnya adalah tidak melakukan jadwal konsultasi kepada ahli gigi.

“Padahal, dengan rajinnya masyarakat melakukan konsultasi dan melakukan penyikatan gigi secara benar, maka dapat mengurangi risiko gigi berlubang, penyakit gusi dan penyakit gigi lainnya,” tutupnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Puluhan Rumah di Jalan S. Parman Ludes Terbakar

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan rumah padat penduduk di Jalan S. Parman, Gang Pasir, Kelurahan Petisah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.