_
Home / Medan / Masyarakat Belum Memahami Konsep Wisata Halal
WOL Photo

Masyarakat Belum Memahami Konsep Wisata Halal

MEDAN, Waspada.co.id – Terkait dengan wisata halal Danau Toba, Pengamat Pariwisata dan Ekonom Sumatera Utara (Sumut), Wahyu Ario Pratomo menyampaikan masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep wisata halal yang akan diterapkan di Danau Toba.

Padahal, jika ini terjadi tentu akan menambah wisatawan asing (Wisman) ataupun domestik berkunjung ke daerah ini, dan menunjang peningkatan wisata.

“Sampai sekarang konsep ini masih berpolemik dan banyak penolakan dari masyarakat. Seharusnya wisata halal itu dimengerti secara keseluruhan, dan dipahami,” tuturnya, Jumat (13/9).

Dan konsep wisata halal ini sebagai bagian dari memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang beragama muslim. Baik itu domestik maupun internasional.

“Wisatawan yang beragama Islam ingin kepastian bahwa kebutuhan baik makanan maupun jasa yang diperjualbelikan di daerah Danau Toba terjamin dapat dikonsumsi. Dan pemerintah yang memfasilitasi itu,” ucapnya.

Niat pemerintah untuk mendorong pariwisata baik di tingkat nasional maupun di tingkat regional baik provinsi maupun kabupaten/kota dapat terusik jika polemik ini dibesar-besarkan. Padahal di negara minoritas muslim seperti Taiwan pun sudah menjalankan konsep wisata halal ini.

“Di Jepang, Taiwan, Singapura, sebagian besar tidak beragama Islam, tetapi mereka memberikan kenyamanan bagi wisatawan beragama Islam dan memang ada konsep wisata halal,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kedepankan K3, Pertamina Lakukan Ini

MEDAN, Waspada.co.id –Mengedepankan faktor kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Pertamina memberikan pelatihan Aspek Health, Safety, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.