Home / Medan / Massa Desak Wali Kota Copot Jabatan Zulkifli Sitepu
WOL Photo/M. Rizki

Massa Desak Wali Kota Copot Jabatan Zulkifli Sitepu

MEDAN, WOL – Gerakan Masyarakat Membaca (Gema-Baca) dan Gerakan Rakyat Anti Demokrasi (Garansi) melakukan aksi protes atas kurang tegasnya Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menindak bawahannya Kadis Perindustrian Kota Medan, Zulkifli Sitepu, yang diduga telah memanfaatkan jabatannya untuk mempekerjakan honor instansinya menjadi petugas kebersihan Sembada Cafe miliknya di Jalan Sembada Kecamatan Medan Selayang.

Menurut sang orator, Sangkot Simanjuntak, surat teguran Wali Kota Medan bernomor : 700/ 1341 tertanggal 12 Februari 2018 dengan perihal peringatan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan (Zulkifli Sitepu, red) tidak berarti apa-apa. Sebab faktanya masih ada tenaga honor Dinas Perindustrian yang bekerja di cafe milik Zulkifli Sitepu.

“Berangkat dari hal tesebut di atas, Gema-Baca dan Garansi melakukan aksi turun ke jalan,” teriaknya, Senin (5/3).

Selanjutnya massa meminta Wali Kota Medan untuk mengevaluasi dan mencopot Zulkifli Sitepu dari jabatannya karena dianggap telah melampaui wewenangnya.

“Selama berkali-kali menjabat sebagai Pimpinan SKPD bukan malah prestasi yang dibuat Zulkifli Sitepu kepada Pemko Medan, tapi banyak kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan dirinya. Maka dari itu kami menilai sesuatu yang tidak berprestasi tidak pantas dipertahankan,” teriaknya lagi.

Massa yang jumlahnya tidak begitu banyak ini juga meminta DPRD Medan untuk memanggil Kadis Perindustrian Kota Medan, Zulkifli Sitepu, karena diduga melakukan nepotisme tenaga pegawai honorer untuk membersihkan cafe milik pribadinya dan melanggar Pasal 3 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 bahwa setiap orang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalah gunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 Tahun dan paling lama 20 Tahun dan atau denda paling sedikit Rp50.000.000,00 dan paling banyak Rp1.000.000.000,00.

“Kami meminta kepada Zulkifli Sitepu untuk mundur dari jabatannya karena dengan sesuka hati menyalah gunakan wewenang jabatan demi kepentingan pribadi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sampai dengan saat ini tenaga honor yang diduga telah menjadi korban pemerasan fisik oleh mantan Kadis Kominfo Kota Medan tersebut telah dipecat dari posisinya sebagai tenaga honorer. Guna memperoleh kebenaran, Waspada Online akan mencari tahu informasi tersebut kepada yang bersangkutan (Zulkifli Sitepu, red).(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Diduga Tumbangkan Pohon, DPRD Panggil Pengembang Podomoro

MEDAN, WOL – Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, meminta Dinas Pertamanan menindak oknum di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: