Home / Fokus Redaksi / Masih Banyak Jukir Liar di Medan
Ilustrasi (WOL Photo)

Masih Banyak Jukir Liar di Medan

MEDAN, WOL – Keberadaan juru parkir (jukir, red) liar sangat meresahkan warga Kota Medan. Pasalnya mereka meminta retribusi tanpa melengkapi surat tugas yang berstempel Dinas Perhubungan (ID Card). Bahkan kerap meminta dengan cara memaksa. Hal itu dialami Nanta (22) di Jalan Halat Medan, Jumat (11/8).

Dikatakan, usai membeli paket data internet salah satu provider di jalan tersebut, ia langsung didatangi seorang pemuda yang mengaku juru parkir. Padahal, jarak waktu antara turun dari sepeda motor dengan transaksi membeli paket data tersebut tidak berlangsung lama. Hanya beberapa menit saja.

“Padahal saya cuma turun berjarak 2 meter dari sepeda motor saya. Dan itu cuma sebentar, tapi kok malah dipungut biaya parkir,” keluhnya.

Yang lebih mengherankan lagi, jukir yang ada di seputaran Jalan Halat tersebut tidak mengenakan atribut yang dikeluarkan dinas terkait saat menjalankan aktifitasnya.

“Kenapa Dinas Perhubungan Kota Medan tidak peka dengan kondisi ini. Berapa banyak kerugian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini, kalau Kepala Dinasnya hanya sibuk jalan-jalan ke luar kota tanpa mencari tahu apa penyebab bocornya PAD dari sektor retribusi parkir,” sindirnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 7 tahun 2002 tentang retribusi tempat khusus parkir pasal 12 ayat 1 menyebutkan bahwa, dilarang menyelenggarakan pelataran parkir tanpa seizin kepala daerah. Pasal 12 ayat 2 menyebutkan bahwa dilarang memungut pembayaran parkir diluar tarif yang ditetapkan dalam izin.(wol/mrz/yp/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kadishub: Penertiban Kendaraan Parkir Sembarangan Rutin Dilakukan

MEDAN, WOL – Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat, mengaku akan melakukan penertiban rutin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: