Breaking News
Home / Medan / Martinus Dihukum 4 Tahun Penjara Hina Nabi Muhammad
WOL Photo

Martinus Dihukum 4 Tahun Penjara Hina Nabi Muhammad

MEDAN, Waspada.co.id – Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis empat tahun penjara terhadap terdakwa Martinus Gulo penghina Nabi Muhammad lewat media sosial Facebook.

“Pengadilan menyatakan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan informasi yang membuat ketersinggungan umat beragama. Menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun,” ungkap majelis hakim diketuai Saidin Bagariang di ruang Cakra II, Selasa (24/7).

Selain hukuman penjara, terdakwa Martinus Gulo juga didenda sebesar Rp1 miliar. Apabila tidak dibayarkan diganti dengan hukuman penjara selama enam bulan kurungan.

Menurut majelis hakim, perbuatan terdakwa melanggar Pasal 28 ayat 2 UU ITE, yang menyebutkan setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individual atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Joice Sinaga menuntut terdakwa dengan hukuman 5 tahun penjara. Hal yang memberatkan dalam pertimbangan majelis hakim, perbuatan terdakwa dapat mengganggu ketertiban
umum, yang pada pokoknya dalam ajaran agama tidak boleh saling menghujat.

Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa masih muda dan tidak menyadari perbuatannya menyinggung agama lain. Atas vonis yang dijatuhkan, terdakwa Martinus Gulo melalui kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir. Sama halnya JPU Joice Sinaga menyatakan pikir-pikir.(wol/lvz/data1)

Check Also

Empat Tersangka Suap Gatot Prapid, Ini Jawaban KPK

MEDAN, Waspada.co.id – Empat tersangka kasus suap mantan Gubernur Sumatera Utara (Fungsi) Gatot Pujo Nugroho ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: