Breaking News
Home / Medan / Mantan Napi Ditangkap Edarkan Uang Palsu
WOL Photo/Lihavez SA
WOL Photo/Lihavez SA

Mantan Napi Ditangkap Edarkan Uang Palsu

MEDAN, WOL – Rahmad Efendi Sembiring (40) warga Desa Batu Mbelin, Kecamatan Namorambe dan Ahmad Anto (53) warga Jermal III, Bangun Sari I, Kelurahan Datuk Kabu, Kecamatan Percut Seituan, diamanakan personil Reskrim Polsek Delitua.

“Keduanya ditangkap karena mengedarkan uang palsu pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu,” ungkap Kapolsek Delitua, Kompol Wira Prayatna, Minggu (15/10).

Dijelaskan pada Rabu (11/10) sekira pkl 09.00 WIB personil Unit Timsus Anti Begal Polsek Delitua menerima informasi dari masyarakat di Jalan AH Nasution ada dilakukan transaksi uang palsu.

Selanjutnya personil,  yang langsung dipimpin kanit Iptu M. Rian Permana turun ke lokasi tersebut dengan melakukan penyelidikan serta pengintaian dengan ciri ciri pelaku yang disebutkan oleh masyarakat.

“Personil kita melihat tersangka Rahmad berada di depan warung bakso milik Rizki, personil langsung melalukan penyergapan dan melakukan penggeledahan menemukan uang palsu sekitar Rp 4 juta,” terang Kapolsek.

Selanjutnya sambung Wira, personil kemudian melakukan pengembangan terhadap tersangka lainnya, dan meringkus tersangka Ahmad Anto di depan Alfamart dan di temukan bb Rp 2,5 juta.

“Saat ini kedua tersangka bersama barang bukti uang palsu Rp 6,5 juta telah diamankan di Polsek Delitua untuk menjalani pemeriksaan,” jelasnya.

Wira menuturkan dari hasil pemeriksaan tersangka Ahmad Anto pernah dihukum di Pengadilan Negeri Medan pada tahun 2010 selama 4 tahun dalam perkara mengedarkan uang palsu.

“Kedua Tersangka dipersangkakan menyimpan, mengedarkan uang palsu sebagaimana dimaksud dlm pasal 36 ayat 2 dan ayat 3 UU RI No 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 thn dan denda Rp 50 miliar,” pungkasnya. (wol/lvz/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo/Ilham

Marga Kahiyang Ayu Dari ‘Boru Tulang’ Bobby

MEDAN, WOL – Setelah mengikuti serangkaian sidang adat yang dilangsungkan di kediaman paman Bobby, Doli ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.