_
Home / Medan / Mantan Gubernur Sedih Lihat Kondisi Sumut
WOL Photo

Mantan Gubernur Sedih Lihat Kondisi Sumut

MEDAN, WOL – Mantan Gubernur Sumatera Utara periode 2009-2014, Syamsul Arifin merasa prihatin dengan kondisi pemerintahan di Sumut yang kian ambruk dengan segala kasus hukum yang menjerat pejabat legislatif maupun eksekutif.

“Sudah berkali-kali saya katakan prihatin atau istilah kerennya sedih dengan kondisi Sumut saat ini,” katanya usai menghadiri rapat paripurna istimewa di DPRD Sumatera Utara, Jumat (13/11).

Untuk itu dia menghimbau masyarakat Sumut untuk lebih selektif dalam memilih pemimpin yang akan datang.

“Carilah pemimpin-pemimpin yang bertanggung jawab. Saya dulu apapun yang dilakukan anak buah tetap menjadi kesalahan saya. Saya bertanggung jawab penuh,” katanya yang juga pernah tersangkut kasus hukum itu.

Selain itu, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Sumatera Utara ini juga merasa prihatin terhadap menurunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumut pada 2014 yang hanya mencapai Rp8.6 triliun. Bahkan baru-baru ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sumut melaporkan kepada legislatif untuk menurunkan target PAD menjadi Rp7 triliun pada tahun anggaran 2015.

“Padahal saat periode saya menjadi Gubernur Sumut, saya tinggalkan PAD dengan angka Rp9 triliun dari target Rp15 triliun,” ujarnya.

Dengan jumlah APBD Sumut Rp8,6 triliun saja, lanjut Syamsul, berarti APBD Sumut lebih rendah daripada Bogor. Padahal potensi salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat itu jauh di bawah Sumut.

“Jadi dengan kondisi ini, mari sama-sama kita cari solusinya,” kata Syamsul seraya mengajak masyarakat untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jelang Idul Adha, Harga Kambing Naik

MEDAN, Waspada.co.id – Jelang Hari Raya Idul Adha 2019, harga kambing di Kota Medan dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.