Home / Medan / Majukan Kota Melalui Rakernas APEKSI
WOL Photo

Majukan Kota Melalui Rakernas APEKSI

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menghadiri acara wellcome dinner yang digelar dalam rangka menyambut pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XIII tahun 2018 di Taman Sekampung Jalan Sei Sesayap, Kota Tarakan, Kalimantan Timur, Selasa (24/7) kemarin.

Wellcome dinner merupakan kegiatan rutin yang digelar pihak tuan rumah untuk menyambut 98 Wali Kota dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam APEKSI. Jamuan makan malam ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan ucapan selamat datang kepada seluruh Wali Kota yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri Rakernas APEKSI.

Dalam sambutannya Wali Kota Tarakan, Sofian Raga, mengucapkan terima kasih kepada Ketua APEKSI, Airin Rachmi Diani beserta seluruh Wali Kota yang tergabung dalam APEKSI, karena telah mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI XIII tahun 2018 yang berlangsung mulai 24-28 Juli mendatang.

“Atas nama Pemko Tarakan dan seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih karena telah menunjuk dan mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas APEKSI XIII. Untuk itu kami akan berupaya agar penyelenggaraan Rakernas APEKSI berjalan dengan sukses dan lancar sekaligus menghasilkan keputusan yang bermanfaat,” kata Sofian.

Selanjutnya Sofian pun menggambarkan secara ringkas tentang Kota Tarakan yang memiliki luas sekitar 258 km2 dengan jumlah penduduk 253.000 jiwa. Diungkapkannya, ada 2 sejarah yang terjadi di Kota Tarakan yang tidak bisa dilupakan setiap warganya. Pertama di tahun 1896, Pemerintah Hindia Belanda sudah datang ke Kota Tarakan untuk mengeksploitasi minyak.

Sedangkan yang kedua, sambung Sofan, pecahnya perang dunia kedua tahun 1942, di mana Kota Tarakan menjadi tempat pertempuran sengit antara Belanda, Jepang dan Australia. “Guna mengingatkan warga tentang dua peristiwa penting dan bersejarah ini, kami pun mendirikan dua museum yakni museum perminyakan serta museum perang dunia kedua yang terjadi di Kota Tarakan,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, yang hadir didampingi sejumlah pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, termasuk Kabag Hubungan Kerja sama, M Rivai Nasution, berharap Rakernas APEKSI kali ini menghasilkan keputusan yang bermanfaat dalam upaya memajukan seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI.

Apalagi ungkap Wali Kota, sebelum Rakernas APEKSI, para Wali Kota telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, sejumlah usulan disampaikan kepada Presiden. “Semoga apa yang kita usulkan itu dapat ditindaklanjuti Bapak Presiden, sebab intinya untuk kemajuan seluruh kota,” jelas Eldin.

“Di samping itu dalam Rakernas APEKSI ini, seluruh Wali Kota akan membahas tentang permasalahan yang dialami kota serta memberikan masukan kepada pemerintah melalui rekomendasi yang dihasilkan nantinya. Yang lebih penting lagi, melalui Rakernas APEKSI ini terus kita bangun semangat kebersamaan untuk terus membangun dan melakukan inovasi sehingga masing-masing kota menjadi lebih baik lagi ke depannya,” tukas Eldin.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wali Kota Minta Tidak Ada Lagi Parkir Berlapis di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menginstruksikan Kadis Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: