Home / Medan / Mahasiswa dan Dosen UNPRI Didorong Buat Jurnal Nasional dan Internasional
foto: istimewa

Mahasiswa dan Dosen UNPRI Didorong Buat Jurnal Nasional dan Internasional

MEDAN, WOL – Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani SH MM, memberi kuliah perdana pada mahasiswa pascasarjana (S2) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan. Prof Ayu memberikan dorongan kepada mahasiswa pascasarjana dan dosen UNPRI untuk membuat jurnal nasional dan internasional terakreditasi.

Hal tersebut dikatakannya di depan seluruh unsur jajaran UNPRI, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh, Prof Dian Armanto MPd MA MSc, dan Guru Besar Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Prof Dr Teguh Prasetyo SH MSi.

“Jurnal nasional ini sangat penting  bagi mahasiswa pascasarjana,” kata Prof Ayu disela-sela kuliah perdana di aula kampus UNPRI Medan, belum lama ini.

Prof Ayu, begitu serius saat memberikan kiat publikasi di jurnal internasional dan jurnal nasional terakreditasi tersebut. Dikatakan, jurnal nasional itu mempunyai ciri diantaranya, menyebarkan hasil penelitian atau konsep ilmiah dan ditujukan pada masyarakat. Sedangkan jurnal internasional karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.

“Artikel ilmiah bisa diterima di suatu jurnal ilmiah bertaraf internasional, artikel itu harus menjadi minat internasional, bukan hanya kepentingan lokal saja keuniversalan ilmu yang ditulis,” kata wanita berkerudung ini.

Sebagaimana yang diketahui, kuliah perdana itu dibuka Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut, Prof Dian Armanto MPd MA MSc. Dalam sambutannya, Prof Dian menyatakan pihaknya sangat mendukung acara tersebut. Apalagi, kata Prof Dian, acara tersebut sangat berguna bagi mahasiswa Pascasarjana UNPRI, utamanya dalam meningkatkan penulisan jurnal.

Menurut Prof Dian, dalam hal ini ada beberapa hal yang berguna dalam menulis pertama sertifikasi dan kedua untuk mendapatkan ide penelitian. “Kita mengharapkan kuliah yang diberikan oleh Prof Ayu bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa pascasarjana UNPRI untuk cepat selesai seperti yang diharapkan,” katanya seraya berharap, acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kulaitas sumber daya mahasiswa dan dosennya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UNPRI, Dr Azharudin SH MKn, mengatakan tujuan kuliah perdana ini, untuk lebih memperkenalkan UNPRI  kepada para Mahasiswa Pasca Sarjana (S2) Fakultas Hukum angkatan pertama, agar mereka mengetahui system juga nilai-nilai yang ditanamkan oleh UNPRI.

Untuk masalah penulisan ilmiah, lanjutnya, pihaknya menghadirkan pakar dalam membuat jurnal ilmiah. Pada Program Pascasarjana, ada kewajiban bagi dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional.

Check Also

Dokter UNPRI Dilantik dan Diambil Sumpah

MEDAN, Waspada.co.id – Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (FK-UNPRI) Medan, telah melangsungkan pelantikan dan angkat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: