_
Home / Medan / Mabes Polri Ungkap Sindikat PSK WN China & 20 WNI di Medan
Ilustrasi

Mabes Polri Ungkap Sindikat PSK WN China & 20 WNI di Medan

MEDAN, WOL – Tim Unit IV Perdagangan Orang (Human Trafficking), Subdit III, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Mabes Polri telah mengamankan 9 Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari China dan 20 Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka diringkus di Capital Building Jalan Putri Hijau No 1A Medan.

Kepala Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang juga Kepala Unit Human Trafficking Bareskrim Polri, AKBP Arie Dharmanto mengatakan 29 orang yang diamankan tersebut dipekerjakan sebagai pekerja seks dengan modus menemani tamu di tempat karaoke.

“9 WNA yang berasal dari China dan 20 WNI yang diduga dipekerjakan sebagai pekerja seks bermoduskan sebagai menemani tamu di karaoke,” kata Arie melalui pesan singkat, Kamis (6/8).

Polisi juga telah mengamankan barang bukti berupa uang senilai lebih kurang Rp4 juta, kwitansi pembayaran, kondom, 2 unit printer kasir, 2 unit komputer kasir. Selain itu, 3 edisi ATM (Cimb Niaga, BNI dan BCA), 1 unit printer besar serta Kalkulator Listrik juga sudah diamankan.

Saat ini, lanjut Arie, polisi tengah menindaklanjuti kasus ini dengan memeriksa korban dan saksi-saksi. Setelah diperiksa, 29 orang ini akan langsung dievakuasi ke Jakarta untuk dilakukan proses pemulangan yang dikordinasikan dengan safe house.

“Tahap berikutnya, polisi akan berkoordinasi dengan imigrasi terkait deportasi terhadap WNA yang tidak memiliki dokumen. Setelah itu baru menetapkan tersangka,” pungkas Arie.

Sebelumnya,  petugas kepolisian ini juga melakukan penggerebekan rumah toko di kawasan Jalan Putri Hijau, Kecamatan Medan Barat, tadi siang.

Dalam penggerebekan imigran gelap ini dilakukan, petugas berhasil mengamankan lima orang warga Negara Taiwan dari rumah berlantai III itu. Diduga lantaran para warga negara asing tersebut tidak memiliki dokumen resmi untuk menetap di Kota Medan.

“Ada lima perempuan berkulit putih, cantik-cantik semua. Namanya juga warga Taiwan. Tadi polisi langsung membawa. Enggak tahu saya ke mana tadi polisi bawanya,” ucap salah seorang petugas security yang enggan menyebutkan inisialnya saat ditemui wartawan.(wol/lvz/mdk/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kurangi Angka Kecelakaan, KAI Sosialiasi Keselamatan

MEDAN, Waspada.co.id – Mengurangi angka kecelakaan di pintu perlintasan, PT KAI (Persero) sosialisasikan keselamatan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.