Home / Medan / Lomba Poster dan Orasi Tingkatkan Karya Ilmiah Mahasiswa
WOL Photo

Lomba Poster dan Orasi Tingkatkan Karya Ilmiah Mahasiswa

MEDAN, Waspada.co.id – Memperkuat minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) menggelar Lomba Poster dan Orasi ilmiah tingkat mahasiswa bertajuk ‘Aspek Kepemimpinan dalam Penelitian Kesehatan’ yang digelar di Aula FK UMI Jalan Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Medan baru-baru ini.

“Lomba ini diharapkan memacu mahasiswa dalam hal membuat karya-karya ilmiah ke depannya. Dan mampu meningkatkan kualitas karya kita guna menjadi daya saing keluar,” kata dr Ivonne Ruth Situmeang M.Kes selaku koordinator ilmiah kegiatan tersebut.

Kata Ivonne, lomba poster tersebut diikuti oleh 87 dokter muda sarjana kedokteran sebagai syarat untuk dapat mengikuti Judicium guna melanjutkan pendidikan profesi dokter ke sejumlah Rumah Sakit Pendidikan. Disebutkan, bahwa poster-poster yang diperlombakan yakni merupakan hasil penelitian dan karya ilmiah para mahasiswa kedokteran UMI.

Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan, dr Harry Butarbutar SpB, mengatakan dalam perlombaan poster ilmiah untuk Juara I yakni Euni Retri Siahaan, Juara II Zwingli serta Juara III Tulus Sitorus. Sedangkan untuk presentase orasi ilmiah Juara I Lordiana Putri, Juara II Ribka Chintya, Juara III Nuraida, Juara IV Monica dan Juara V Yoshua Hutapea.

Sementara Dekan FK UMI, dr Eka Samuel Hutasoit SpOG MM, mendukung kegiatan perlombaan poster dan orasi ilmiah yang dilaksanakan oleh para mahasiswa kedokteran FK UMI. Diharapkan dengan perlombaan itu mahasiswa FK UMI mampu meningkatkan keilmuannya mengikuti perkembangan zaman di revolusi industri level 4.0 seperti sekarang.

“Di mana, dengan kegiatan tersebut para mahasiswa memahami dalam mencari literatur yang baik, yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya, Rabu (22/8).

dr. Eka menambahkan bahwa sebelum dilakukan perlombaan orasi ilmiah, salah satu dosen FK UMI yaitu dr Jerry Tobing M.Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL melakukan orasi ilmiah dengan judul ‘Hubungan Paparan Zat Iritan Terhadap Gangguan Transportasi Mukosiliar Hidung’ pada petugas pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Medan.

“Orasi pertama oleh dosen ini sebagai contoh kepada mahasiswa yang akan bertanding” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Tanoto Lakukan Ini

SUMUT, Waspada.co.id – Meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Utara,Tanoto Foundation melatih lebih dari 120 fasilitator ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: