_
Home / Medan / Literasi Tangkal Berita Hoax
WOL Photo/eko kurniawan

Literasi Tangkal Berita Hoax

MEDAN, WOL – Maraknya berita hoax di beberapa tahun terakhir ini mendorong masyarakat semakin berkurang untuk mengonsumsi berita ataupun informasi yang muncul.

Oleh karena itu, untuk menangkal berita-berita hoax yang semakin beredar di tengah-tengah masyarakat, Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) mengadakan workshop untuk menumbuhkan literasi di Sumatera Utara.

Koordinator acara, Agus Marwan, Selasa (26/9), mengatakan bahwa kegitaan ini adalah rangkaian acara ketiga dalam kegiatan Festival Literasi Sumatera Utara.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Forum Masyarakat Literasi Sumatera Utara (FORMALSU), Yayasan Pendidikan Parulian Medan beserta Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, melalui program CSR PT DOW Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkan, di abad 21 yang merupakan abad informasi literasi informasi merupakan kunci bagi individu dan masyarakat untuk mengembangkan diri, membangun budaya dan ekonomi bangsa.

“Inilah mengapa dalam seminar literasi ini memfokuskan peserta dari berbagai elemen masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan membangun budaya literasi antara pemerintah, aktivis, pendidik, jurnalis, dan masyarakat,” jelas Agus.

Ditambahkan, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Sopar Siburian, saat menghadiri workshop tersebut sangat mengapresiasi kegiatan seminar literasi yang diinisiasi oleh komunitas peduli literasi Kota Medan.

“Kegiatan festival literasi seperti ini harus terus dilakukan. Karena acara seperti ini sangat bagus, literasi akan menjadi penangkal berita hoax, yang sekarang banyak berkeliaran di media sosial,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Cegah Angka Kecelakaan, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Safety Riding

MEDAN, Waspada.co.id – Cegah tingginya angka kecelakaan berkendara, sejumlah 320 mitra BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.