_
Home / Fokus Redaksi / Laporan KPK: Sejak Diangkat Kadis PU Diduga “Setor” Rp20 Juta per bulan ke Wali Kota Medan
Antara

Laporan KPK: Sejak Diangkat Kadis PU Diduga “Setor” Rp20 Juta per bulan ke Wali Kota Medan

JAKARTA, Waspada.co.id – Selain melakukan OTT terhadap Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin (TDE), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga mengungkapkan dalam laporannya, bahwa tersangka IAN (Kadis PU) rajin memberikan uang bulanan ke Wali Kota Medan tersebut.

Dalam laporan KPK, dijelaskan bahwa TDE sebagai atasan langsung mengangkat IAN sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Medan, pada 6 Februari 2019.

KPK menduga, tersangka IAN memberikan uang tunai sebesar Rp20 juta setiap bulan kepada TDE, pada periode Maret-Juni 2019.

Selain itu, juga dilaporkan pada tanggal 18 September 2019, IAN juga memberikan uang senilai Rp50 juta kepada TDE.

KPK pun telah resmi menyatakan TDE dan IAN sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dengan proyek dan jabatan di lingkungan pemerintahannya tahun 2019.

Selain Dzulmi, KPK juga menetapkan dua tersangka lainnya yakni,‎ Kadis PU Kota Medan, IAN dan Kabag Protokoler Kota Medan, SFI.

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka setelah terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT).

适适

“Setelah melakukan pemeriksan dan sebelum batas waktu 24 jam sebagaimana diatur dalam KUHAP, dilanjutkan dengan gelar perkara, maka disimpulkan adanya dugaan tipikor dugaan penerimaan suap terkait proyek dan jabatan oleh Wali Kota Medan,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (‎16/10). (wol/data2)

Check Also

Sempat Mangkir, Anak Menkumham Penuhi Panggilan KPK Terkait Suap Wali Kota Medan

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap anak kandung Menteri Hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.