Home / Fokus Redaksi / Lapas Tj Gusta Medan Kelebihan Kapasitas
Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Andi Loedianto (WOL Photo/ Muhammad Rizki)

Lapas Tj Gusta Medan Kelebihan Kapasitas

MEDAN, WOL – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut, Brigjen Pol Andi Loedianto, mengungkapkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan kondisinya sudah kelebihan kapasitas. Hal itu dikarenakan banyaknya pemakai narkoba yang tengah menjalani hukuman.

“Sebenarnya kapasitas Lapas Tanjung Gusta Medan hanya mampu menampung 1.000 kini sudah hampir 3.000 tahanan yang mendekam di lembaga pemasyarakatan tersebut,” ungkapnya pada deklarasi narkoba 37 Asrama Polisi (Aspol) se Sumut di Mako Sat Brimob Polda Sumut, Rabu (3/5).

Diungkapkan, kelebihan kapasitas di LP Tanjung Gusta berkat keberhasilan Polda Sumut dan jajaran menangkap ribuan pengedar narkoba saat melakukan operasi berantas narkoba. Namun sayang, akibat kelebihan kapasitas saat dilakukan pemeriksaan ditemukan adanya narapidana yang memakai narkoba.

Bahkan, ketika dilakukan razia petugas menemukan adanya narkoba yang berhasil masuk ke dalam lapas. Hal itu dikarenakan kurang berimbangnya antara jumlah napi maupun pegawai lapas yang bertugas melakukan pengawasan. “Dari hasil pemeriksaan terhadap 30 napi satu atau dua diantaranya positif menggunakan narkoba,” ungkap Andi Loedianto.

Oleh karena itu, ke depannya BNNP akan berkoordinasi dengan Pemerintah Sumatera Utara, Lapas Tanjung Gusta, untuk mencanangkan pembuatan lembaga pemasyarakatan yang baru. Sehingga kegiatan napi di dalam lapas dapat diawasi.

“BNNP Sumut sangat mendukung kebijakan Kapolda Sumut dengan membuat suatu gebrakan ataupun inovasi dengan bersih-bersih narkoba di asrama polisi di seluruh jajaran Polda Sumut. Karena masalah narkoba sudah menjadi masalah yang sangat mengkhawatirkan di negara kita khususnya di Sumatera Utara. BNNP Sumut akan membentuk kader-kader penyuluhan baik dari anggota BNNP Sumut itu sendiri. Anggota Polri maupun dari masyarakat. Mudah-mudahan wilayah Sumut akan terbebas dari peredaran narkoba,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

2 Teroris Ditembak Mati Akan Ledakkan Kantor Polisi dan Rumah Ibadah

MEDAN, Waspada.co.id – Terduga teroris AN Dan RI yang tewas dalam penyergapan Densus Anti Teror ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: