Breaking News
_
Home / Medan / Langgar Aturan, Belasan Ruko 3 Lantai Dibongkar Paksa
WOL Photo

Langgar Aturan, Belasan Ruko 3 Lantai Dibongkar Paksa

MEDAN, Waspada.co.id – Warga Jalan Pasar V Lingkungan XII, Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal dapat bernafas lega. Pasalnya belasan rumah toko (ruko) 3 lantai yang selama ini dibangun oleh pemiliknya tidak mempedulikan kaidah yang berlaku. Bahkan, si pemilik terkesan arogan.

Di samping itu, si pemilik ruko diduga menutup parit dan mengubahnya menjadi septitank untuk buangan limbah tinja belasan ruko yang pembangunannya hampir rampung itu. Warga juga menuding pemilik ruko telah mengambil badan jalan untuk dijadikan parit baru menggantikan parit yang telah berubah fungsi menjadi septitank tersebut.

Ahasil, tindakan pemilik ruko menyebabkan warga sekitar yang harus menanggung dampaknya terkena banjir. “Kami berterima kasih karena Bapak Wali Kota akhirnya menindaklanjuti keluhan kami,” ujar salah seorang pria tua berdarah Tionghoa, Kamis (1/11).

Diungkapkan pria bercelana pendek dan mengenakan kaos kerah hijau itu, selama ini sebanyak 1.000 KK atau sekitar 4.000 jiwa yang ada di kawasan itu memprotes keras pembangunan belasan unit ruko.

“Awalnya pembangunan sempat dihentikan 4 tahun silam karena warga demo, tapi pemilik kemudian membangun setahap demi setahap sehingga hampir rampung seperti saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut pria ini menjelaskan, pemilik ruko kerap menyuruh OKP dan Satgas salah satu partai politik untuk mengamankan proyek pembangunan ruko dari amukan warga.

Menyikapi hal itu Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan, langsung turun untuk membongkar belasan unit bangunan ruko yang diyakini tidak mengantongi Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB). Guna memudahkan pembongkaran, satu unit alat berat backhoe loader milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan diturunkan. Ia pun berpesan pada warga untuk segera melaporkan jika si pemilik ruko tetap melanjutkan pembangunannya. “Langsung laporkan, kita segera datang untuk membongkar kembali,” tegas Sofyan.

Menurut Sofyan, pembongkaran dilakukan karena belasan ruko ini tidak mengantongi SIMB dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKP2R) Kota Medan (dulu Dinas TRTB). “Sebelum dibongkar, kita juga telah memberikan surat kepada pemilik ruko untuk mengosongkan bangunan,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jalan Bunga Herba Rusak Berat, Pengendara Motor Sering Jatuh

MEDAN, Waspada.co.id – Para pejalan kaki, maupun pengendara mengeluhkan kondisi Jalan Bunga Herba, Kelurahan Sempakata, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.