Home / Medan / Lagi, Maling Kabel LPJU Tertangkap di Belawan
WOL Photo

Lagi, Maling Kabel LPJU Tertangkap di Belawan

MEDAN, Waspada.co.id – Pelaku pencurian kabel Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) kembali tertangkap ketika tengah beraksi di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (7/11) malam.

Ketika itu pelaku yang mengaku bernama Ibrahim alias Baim bersama sembilan rekannya sedang mencuri kabel milik PT Telkom. Namun sembilan rekan Baim berhasil lolos, kini Baim diamankan di Koramil Belawan.

Meski malam itu yang dicuri kabel milik PT Telkom namun Baim ketika diintrogasi petugas Koramil Belawan mengaku, sebelum tertangkap tangan mencuri kabel telepon, ia bersama sembilan rekannya masing-masing bernama Kimung, Leman, Susanto, Arif, Joko, Poji, Tono, Asril dan Putra Ateng telah mencuri kabel LPJU di Jembatan Sungai Deli.

Tidak hanya kabel LPJU, Baim mengaku mereka juga telah mencuri tiangnya. Akibat ulah mereka, kawasan jembatan menjadi gelap gulita. Di samping itu sisa kabel LPJU bekas potongan rentan bahaya karena masih dialiri listrik. Oleh karenanya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan yang berwenang menangani LPJU langsung turun untuk menanganinya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, penangkapan Baim dilakukan Kepala Lingkungan (Kepling) 1 dan 2 Kelurahan Belawan Bahari. Malam itu kedua kepling melihat gelagat dan tindak tanduk Baim beserta kesembilan temannya. Setelah diperhatikan dengan seksama, Baim cs ternyata tengah mencuri kabel telepon.

“Untuk sementara Baim ditahan di Kantor Koramil Belawan. Setelah sembilan rekannya yang telah diketahui identitas dan alamatnya masing-masing, barulah mereka kita serahkan kepada pihak kepolisian,” kata Kepling Lingkungan 1 dan 2.

Atas penangkapan pelaku pencurian kabel LPJU, Kadis Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan, M Husni, kembali menyampaikan ucapan terima kasih dan presiasi setinggi-tingginya. Dikatakan Husni, penangkapan yang dilakukan kedua kepling beserta warga merupakan bentuk wujud kepedulian warga.

“Artinya kepedulian warga saat ini mulai tumbuh, mereka sadar tanpa kepedulian dan dukungan mereka pembangunan yang dilakukan saat ini akan sia-sia. Kita harapkan peristiwa ini menjadi stimulus bagi warga lainnya untuk ikut mendukung dan menjaga hasil pembangunan yang telah selesaidilakukan, termasuk kabel ddan tiang LPJU yang telah didirikan untuk menenrangi kawasan tersebut,” ungkap Husni.

Selanjutnya, mantan Kadispenda Kota Medan mengungkapkan, di tengah maraknya pencurian kabel LPJU, seluruh jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan terus melakukan perbaikan terhadap LPJU yang padam. Selain untuk membuat estetika Kota Medan lebih menarik dan terang pada malam hari, juga sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

“Sekali lagi saya sampaikan, upaya ini tidak akan berhasil tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat. Atas dukungan dan kepedulian warga yang semakin tumbuh untuk mendukung pembangunan Kota Medan, saya ucapkan terima kasih. Jika semua warga peduli, insya Allah kasus pencurian kabel LPJU dapat diatasi,” ujarnya optimis.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

RPX One Stop Logistics Solusi Pemasaran Bagi UMKM

MEDAN, Waspada.co.id – Melihat potensi dan geliat perekonomian UMKM di Kota Medan, RPX One Stop ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: