Home / Medan / Kutipan Parkir RS Pirngadi Dibenarkan UU Kesehatan dan Perwal
WOL Photo

Kutipan Parkir RS Pirngadi Dibenarkan UU Kesehatan dan Perwal

MEDAN, Waspada.co.id – Humas Rumah Sakit (RS) Pirngadi Medan, Edison Peranginangin, membenarkan pengutipan parkir di pelataran parkir rumah sakit.

Sebab, hal itu tertuang dalam Undang Undang Kesehatan yang mana isinya pihak rumah sakit diperbolehkan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan maupun meningkatkan pendapatan rumah sakit.

“Turunannya Permendagri Nomor 61 tahun 2007 dan Peraturan Wali Kota Medan nomor 4 dan 5 tahun 2007. Jadi semuanya memang sudah ada aturannya, karena regulasinya itu. RS Pirngadi inikan bukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) murni, tapi Badan Layanan Umum (BLU),” ungkapnya.

Begitu juga dengan pegawai kontrak yang ada di RS Pirngadi. Penggajian mereka bukan berdasarkan APBD Kota Medan, melainkan dari pendapatan rumah sakit. “Jadi kalau kita tidak mengumpulkan duit (pemasukan, red) seperti parkir dan lain-lain, dari mana kita bisa menggaji mereka (pegawai kontrak),” terangnya.

Lebih lanjut Edison menjelaskan, bahwa ada pembagian persen antara pengelola parkir RS Pirngadi dan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Medan.

“RS Pirngadi setiap harinya hanya mendapatkan hak 20 persen dari pendapatan pihak ketiga. Dan selebihnya itu urusan pihak ketiga dengan BP2RD,” pungkasnya.

Pada berita sebelumnya, sejumlah keluarga pasien keluhkan pengelola parkir pelataran RS Pirngadi Medan. Sebab, para pengelola menerapkan tarif tidak sesuai dengan harga yang ada dalam karcis retribusi.

Dalam karcis dituliskan Rp1000,- untuk roda dua, kenyataannya dikutip Rp2000,- dan untuk roda empat Rp2000,- kenyataan dikutip Rp5000.-(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Polisi Terbitkan DPO Bandar Narkoba Bakar Pacarnya

MEDAN, Waspada.co.id – Tim gabungan dari Polda Sumut, Polres Belawan dan Polsek Medan Labuhan terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: