_
Home / Fokus Redaksi / Kunjungi Waspada Online, Mahasiswa USM Tambah Wawasan
WOL Photo/Ega Ibra

Kunjungi Waspada Online, Mahasiswa USM Tambah Wawasan

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan mahasiswa Ilmu Jurnalistik Universiti Sains Malaysia (USM) studi tur ke redaksi Waspada Online di Gedung Bumi Warta, Jalan Letjen Suprapto Medan, Selasa (9/4).

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa USM didampingi dua dosennya, Dr Nik Norma Nik Hasan dan Dr Rani Ann Balaraman. Mereka disambut oleh Pemimpin Redaksi Waspada Online Austin Tumengkol, Business Director Putri Bakri, CEO Hj Saida Said, dan para wartawan. Sebelumnya, rombongan USM juga mengunjungi redaksi Harian Waspada.

Kepada para mahasiswa semester VI tersebut, Austin Tumengkol sedikit bercerita tentang sejarah dan perkembangan Waspada Online sejak tahun 2008 silam. Selain itu, Austin juga berbagi pengalaman dan wawasan sebagai seorang jurnalis.

“Jurnalis tetap harus ingat fungsi pers untuk menginformasi, mengedukasi, menghibur, dan kontrol sosial sesuai UU Pers 40/1999 dan Kode Etik Jurnalistik. Ditambah lagi, wartawan harus selalu up to date, berwawasan luas, memiliki skill dan attitude yang positif sebagai insan pers,” kata Austin.

Sementara itu, Putri Bakri didampingi M Agus Utama selaku Redaktur Pelaksana turut berbagi eksistensi Waspada Online di tengah persaingan media era digitalisasi dewasa ini. Salah satunya media online ditekankan tidak hanya fokus pada situs sendiri, namun juga memiliki akun media sosial di instagram, twitter, facebook maupun youtube.

“Hanya saja, masyarakat atau viewers harus diberi pemahaman juga bahwa media online itu berbeda dengan media sosial. Namun, terkadang mereka masih menganggap keduanya sama fungsi,” papar Putri.

Tak lupa, mereka juga berdiskusi tentang perbedaan kebebasan pers di Indonesia dan Malaysia. Selain itu, mahasiswa USM juga bertanya tentang kiprah (almh) Hj Ani Idrus dan (alm) H Mohammad Said sebagai tokoh pers nasional.

Pada kesempatan itu, USM juga mengundang redaksi Waspada Online untuk menjadi dosen tamu di kampusnya di Penang dalam waktu dekat. Dr Nik menjelaskan bahwa mahasiswa jurnalistik di USM sudah memiliki wadah surat kabar bernama Berita Kampus dan kini sedang beralih ke online. (wol/at/data1)

Editor: M AGUS UTAMA

Check Also

Komplotan Begal Bersenpi Rampok Sepeda Motor Wartawan

MEDAN, Waspada.co.id – Komplotan begal bersenjata api berhasil membawa kabur sepeda motor Yamaha N Max ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.