Home / Medan / KPU Sumut Surati Penyelenggara Pilkada Terkait Kebijakan Penundaan
WOL Photo

KPU Sumut Surati Penyelenggara Pilkada Terkait Kebijakan Penundaan

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara akan menyurati panitia di-23 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah terkait penundaan kegiatan apabila anggarannya belum tersedia. Menurut anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara Benget Silitonga, kebijakan penundaan tersebut tercantum dalam Pasal 8 Peraturan KPU nomor 2 tahun 2015.”Jadi, (KPU) daerah sudah disurati supaya mereka tidak ‘gamang’ dan tidak terjebak,” katanya, Minggu(19/4).

Pihaknya juga berharap pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan untuk memperhatikan kondisi ketersediaan anggaran tersebut. Hal ini diperlukan mengingat tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dimulai 19 April hingga 18 Mei 2015.

Menurut dia, dalam pembicaraan sebelumnya, hampir seluruh kabupaten/kota sudah menyatakan kesiapan untuk mengalokasikan anggaran Pilkada yang akan diselenggarakan di daerah masing-masing.

Dengan keruwetan koordinasi dan komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah, cukup banyak masalah yang muncul dalam proses pengalokasian anggaran Pilkada tersebut.

Sejumlah pemkab/pemkot ada yang beralasan belum dapat mengalokasikan anggaran pilkada tersebut karena belum adanya payung hukum dari Kementerian Dalam Negeri meski UU dan Peraturan KPU tentang Pilkada sudah disahkan. (wol/data1)

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hari Terakhir, KPU Sumut Masih Tunggu Perbaikan Berkas Bacaleg

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut), masih menerima penyerahan perbaikan berkas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: