Home / Medan / KPU Medan Kembalikan Berkas PKB, Ini Sebabnya
Komisioner KPU Kota Medan Bidang Teknis Penyelenggara, Pandapotan Tamba. (WOL Photo)

KPU Medan Kembalikan Berkas PKB, Ini Sebabnya

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengembalikan berkas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan, setelah diberikan tengat waktu untuk melengkapi segala persyaratan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan mengikuti Pemilu 2019.

Komisioner KPU Kota Medan Bidang Teknis Penyelenggara, Pandapotan Tamba, mengatakan pengembalian berkas parpol yang dimaksud karena para pengurus tidak mengembalikan berkas formulir pencalonan yang terdiri dari B1, B2, dan B3 yang wajib ditanda tangani ketua dan sekretaris.

“Mereka hanya membawa berkas calon legislatif, itu merupakan syarat calon. Dan yang diutamakan itu syarat pencalonan. Artinya seseorang bisa menjadi calon legislatif apabila diajukan partai politik dan ditanda tangani ketua dan sekretaris. Bukan berkas calegnya,” ungkapnya, Rabu (18/7).

Tamba menjelaskan, kekurangan pada formulir B1, B2 dan B3 inilah yang PKB Kota Medan tidak mampu melengkapinya. Sehingga pihaknya mengembalikan berkas itu, meskipun sudah dua kali PKB Kota Medan datang dan janji melengkapi berkas yang diminta KPU.

“Pertama pukul 20.00 WIB mereka datang, kita berikan konsultasi dan mereka kembali menyatakan akan membawa berkas sudah lengkap. Kita tunggu sampai batas toleransi, jam 01.00 WIB untuk mengisi sistem informasi pendaftaran calon (Silon). Tapi akhirnya, mereka mengaku ada persoalan di Silon mereka,” bebernya.

“Persoalan itukan internal mereka. Kita tidak campuri itu. Akhirnya kita buatkan berita acara pengembalian berkas yang mengacu pada PKPU 20/2018,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Medan Jadi Pilot Project Rumah Pintar Pemilu

MEDAN, WOL – Rendahnya partisipasi pemilih pada Pilkada Medan lalu, memaksa Komisi Pemilihan Umum (KPU) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: