Home / Medan / KPPU Sosialisasikan UU Kemitraan Kepada Pelaku Usaha Sawit
WOL Photo

KPPU Sosialisasikan UU Kemitraan Kepada Pelaku Usaha Sawit

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan sosialisasi Undang Undang Kemitraan kepada pelaku usaha di sektor perkebunan sawit.

Hal ini dilakukan karena pelaku usaha besar mempunyai potensi dalam melakukan pelanggaran, terutama pelanggaran kemitraan dengan pelaku usaha besar.

Komisioner KPPU RI, Guntur Syahputra Saragih, mengatakan KPPU sosialisasikan Undang Undang kemitraan ini, diharapkan adanya pencegahan prilaku.

“Meski kabar pelanggaran perjanjian kemitraan di sektor perkebunan kelapa sawit sering terdengar, namun hingga kini tidak ada kasus yang ditangani. Dan, lanjutnya, pengusaha besar punya potensi melakukan kegiatan pelanggaran ini,” tuturnya, Rabu (19/9).

Dalam investigasi memastikan penyelewengan dalam kemitraan, langkah awal yang akan dilakukan KPPU adalah dengan mencari draf perjanjian antara pelaku usaha besar dan pelaku usaha kecil. Di situ dilihat apakah ada penyelewengan.

“Selain itu, KPPU juga akan mendorong agar dalam setiap kemitraan yang dilakukan pelaku usaha kecil dan besar, harus ada perjanjian kemitraan,” ungkapnya.

Dan meyakinkan bahwa KPPU pun kini tidak akan segan-segan mendorong agar pelanggaran kemitraan masuk ke ranah hukum.

“Sesuai dengan PP Nomor 17 tahun 2013 tentang Kemitraan, jika pelanggar telah diberikan peringatan dan jika tidak diindahkan perusahaan akan ditutup. Jadi perjanjian kemitraan ini akan melindungi usaha kecil, dengan perjanjian juga kita bisa melihat pelanggaran,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: