Home / Medan / Korban Pesawat Hercules Peroleh Asuransi Rp500 Juta
EOL Photo/Ega Ibra

Korban Pesawat Hercules Peroleh Asuransi Rp500 Juta

MEDAN,WOL – Hingga siang ini, Tim Gabungan TNI dan Polri terus mencari korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 dengan nomor A-1310 di Jalan Jamin Gintings Medan. Data terakhir diperoleh Waspada Online, sejumlah 141 jenazah dalam kantong mayat telah dievakuasi ke RSUP Adam Malik.

Pangdam I/BB Mayjen Edy Rahmayadi menargetkan evakuasi seluruh korban maupun puing-puing pesawat Hercules C-130 selesai hari ini. Penegasan itu ia sampaikan saat meninjau proses identivikasi korban di Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik, Rabu (1/7).

“Hari ini kita targetkan semua selesai, baik evakuasi korban dan puing-puing,” ungkapnya kepada sejumlah media.

Sementara itu, TNI AU juga telah menyiapkan asuransi dan santunan bagi para prajurit dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) TNI AU yang menjadi korban jatuhnya pesawat C-130 Hercules.

Sesuai ketentuan yang tertuang dalam Surat Kerjasama antara TNI AU dengan pihak Asuransi Jiwa Bumi Putra (AJBP) 1912 nomor Perjama/22/XI/2014, tentang pemberian asuransi kematian bagi awak pesawat TNI AU, Personel TNI AU dan Siswa Pendidikan Pertama TNI AU yang gugur dalam tugas, maka mereka berhak mendapatkan asuransi.

Dalam siaran pers Dispen TN AU yang diterima wartawan, menyebutkan, besaran asuransi bervariasi mulai dari kisaran Rp350 juta hingga Rp500 juta. Selain asuransi, para prajurit dan PNS TNI AU juga mendapatkan beberapa santunan, seperti santunan kematian personel, santunan perawatan jenazah, santunan risiko kematian prajurit dan uang duka, yang besarannya berkisar ratusan juta rupiah.

Hingga siang ini, proses evakuasi jenazah dilakukan dengan memberangkatkan tiga pesawat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Lanud Suwondo, Medan.

Tiga pesawat yang dikerahkan terdiri dari satu pesawat C-130 Hercules registrasi A-1326 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan dua pesawat CN-295 masing-masing registrasi A-2905 dan A-2906 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Keberangkatan ketiga pesawat yang masing-masing dipiloti oleh Mayor Pnb Marvien, Letkol Pnb Lilik dan Mayor Pnb Alvian melaksanakan misi mengangkut peralatan evakuasi serta membawa peti-peti jenazah dan personel evakuasi.

Rencananya, ketiga pesawat angkut tersebut sekembalinya dari Lanud Suwondo Medan juga akan dikerahkan untuk membawa para jenazah korban Hercules dari Lanud Suwondo Medan menuju beberapa Lanud tujuan.(wol/muhammad rizki/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kurangi Angka Kecelakaan, KAI Beri Pesan Ini

MEDAN, Waspada.co.id – PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara mengimbau kepada masyarakat untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: