Home / Fokus Redaksi / Kisruh PD Pasar Berlanjut, Ini Hasilnya
WOL Photo
WOL Photo

Kisruh PD Pasar Berlanjut, Ini Hasilnya

MEDAN, WOL – Kebijakan mutasi yang dilakukan oleh Direktur Utama ( Dirut) PD Pasar, Rusdi Sinuraya, terhadap jajaran direksi di tubuh PD Pasar terus berbuntut panjang.

Pasalnya, mutasi terhadap 80 orang karyawan melalui tiga tahap dinilai tidak dilakukan secara prosedur. Dan pengangkatannya dilakukan tidak mengikuti proper test untuk menentukan kelayakan direksi memegang jabatan. Hal itu membuat ratusan karyawan PD Pasar kembali meminta Wali Kota Medan untuk melakukan pergantian kepada Dirut PD Pasar. Di mana para karyawan tersebut melakukan ‘mogok’ kerja, Kamis (2/3).

Kondisi kian memanas pada saat sejumlah orang mendatangi kantor PD Pasar yang terletak di lantai III Pasar Petisah dan mencari Kacab II PD Pasar, Syaiful Ahyar. Salah seorang karyawan, Arifin, kepada sejumlah wartawan menuturkan bahwa hari ini sekira pukul 8.30 WIB, Kacab II Syaiful, dicari oleh orang tidak dikenal dengan mengeluarkan nada ancaman untuk menikamnya. “Mana Syaiful Ahyar itu, jangan cari masalah dia. Nanti kutikam,” ujarnya menirukan kembali ancaman yang dilontarkan oknum yang tak dikenal tersebut.

Sontak, pihak keamanan di PD Pasar pun menanyakan kedatangan orang tak dikenal itu. Namun, diketahui oknum yang datang berjumlah tiga orang itu langsung meninggalkan kantor PD Pasar. Sebab, mereka tak berhasil menemukan Syaiful Ahyar.

Akibat ancaman itu, sambung Arifin, sejumlah karyawan pun semakin resah. Terlebih lagi, sebelumnya juga sejumlah karyawan sempat diancam melalui Short Message Service (SMS) secara berantai dari nomor yang tidak dikenal. Akibat kedatangan oknum itu, sejumlah karyawan pun berkumpul dan meminta untuk bertemu dengan Rusdi Sinuraya.

Suasana emosi begitu terasa ketika Direksi dengan karyawan PD Pasar Kota Medan melakukan pertemuan di ruang rapat kantor PD Pasar, Pasar Petisah. Dalam pertemuan tersebut juga turut hadir Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Qamarul Fatah. “Turunkan Rusdi Sinuraya. Turunkan!” teriakan dari karyawan BUMD ini kerap terdengar pada pertemuan tersebut.

Emosi yang tersulut bukan tanpa alasan. Jajaran Direksi BUMD PD Pasar yang baru saja dilantik pada 9 Januari 2017 lalu oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dinilai para karyawan tidak memiliki kapabilitas.

Novi Zulkarnaen, mantan Kabag Umum dan Humas PD Pasar Medan yang diturunkan menjadi staf biasa menceritakan bagaimana dirinya diperlukan tidak adil oleh Rusdi Sinuraya. “Saya ingat sekali, sampai jam 9 malam menemani bapak beraudiensi. Lalu besoknya bapak turunkan jabatan saya,” ujarnya dengan suara lancang.

Tindakan tersebut dianggap Novi sebagai bentuk penghinaan dari direksi kepada karyawan. Tak hanya itu, Novi menantang jajaran Direksi PD Pasar untuk mengikuti proper test untuk menentukan kelayakan direksi memegang jabatan. “Ayo kita testing. Biarkan kami mengikuti proper test. Kita lihat siapa yang paling tinggi nilainya,” tantangnya di hadapan Qamarul Fatah.

Qamarul Fatah yang berada di tengah-tengah karyawan dan direksi mengatakan bahwa ia tak ingin direksi menjawab tantangan dari karyawan tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk tidak menambah suasana semakin memanas. “Saya juga tidak ingin Pak Dirut menjawab. Tapi saya ingin menjadi itu menjadi bahan evaluasi diri direksi untuk ditindaklanjuti,” imbuhnya dengan tenang.

Mengingat kondisi yang semakin memanas, pertemuan diakhiri. Rusdi Sinuraya beserta jajaran direksi memasuki ruangan Direktur Utama PD Pasar. Ruangan tersebut mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Usai pertemuan itu, Qamarul Fattah menyampaikan dua keputusan yang telah disepakati yakni akan melaporkan ancaman yang diterima oleh karyawan kepada pihak kepolisian serta membatalkan SK pengangkatan dan mutasi yang telah dilakukan oleh Dirut PD Pasar.

“Ya, dari hasil rapat tadi ada dua keputusan yakni akan disepakati oleh Dirut PD Pasar yakni akan melaporkan kasus pengancaman terhadap karyawan serta membatalkan SK pengangkatan yang dilakukan Dirut sampai menunggu SK baru,” bebernya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Eko kurniawan

Pertamina Bantu Pelatihan SEHATI Bagi Kader Posyandu

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada kader dan stakeholder tentang Posyandu Terintegrasi, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.