_
Home / Fokus Redaksi / Ketua KPU Sumut: Tunggu Proses Penghitungan Manual
Ketua KPU Sumut, Yulhasni. (WOL Photo)

Ketua KPU Sumut: Tunggu Proses Penghitungan Manual

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau masyarakat pendukung kedua kubu, baik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk menyudahi saling klaim kemenangan dan menunggu rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dari KPU.

Apalagi terkini, ada statement dari salah satu elite kubu tertentu yang akan mengerahkan people power. Dalam hal ini Ketua KPU Sumut meminta semua pihak dan masyarakat terkait, supaya bersabar menunggu hasil perhitungan real count KPU serta mempercayakan segala sesuatunya kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

“Silahkan menunggu proses penghitungan manual KPU,” tegas Ketua KPU Sumut, Yulhasni, Sabtu (20/4).

Yulhasni menjelaskan, proses penghitungan suara dilakukan secara manual dan berjenjang mulai dari TPS, kecamatan, kabupaten/kota kemudian sampai ke tingkat provinsi hingga dibawa ke tingkat nasional. Proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 dilakukan sejak 18 April hingga 22 Mei 2019.

Formulir C-1 tiap TPS itu, katanya, juga dimiliki oleh saksi pasangan calon, pengawas pemilu dan untuk rekapitulasi di kecamatan.

“Jadi proses rekapitulasi seperti itu kami sebut rekapitulasi terbuka, partisipatif dan manual, dan proses itulah yang legal untuk menetapkan siapa pemenang Pilpres 2019,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolrestabes Tenangkan Kelompok Massa Demo di Bawaslu

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, menenangkan dua kelompok massa yang berunjuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: