Home / Medan / Ketua KNPI Kota Medan Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa
Istimewa

Ketua KNPI Kota Medan Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa

MEDAN, WOL – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Medan, El Adrian Shah, SE menerima penghargaan Lencana Pancawarsa dalam peringatan HUT ke- 54 Pramuka yang diselenggarakan di Lapangan Cadika, Jalan Karya Wisata, Medan Johor,  Minggu (30/8).

Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jendral TNI, Edy Rahmayadi, yang juga selaku Pembina upacara dalam peringatan Hari Jadi Pramuka ke- 54.

“Pemberian tanda penghargaan Lencana Pancawarsa di Hari Jadi Pramuka ke- 54 dikarenakan selama ini telah ikut berpartisipasi dalam Gerakan Pramuka serta memberikan kontribusi atas  perilaku yang luhur, kesetiaan, keaktifan, jasa, karya, dan darma bakti dan keberanian luar biasa yang dianggap cukup berguna bagi kepentingan dan perkembangan kepramukaan,” ucap Pangkostrad, Letnan Jendral TNI, Edy Rahyamadi kepada Waspada Online disela-sela pemberian penghargaan kepada tokoh pemuda.

Dalam kata sambutanya, Letjen TNI Edy Rahmayadi menyebutkan, para pemuda saat ini memiliki dua masalah besar yakni, masalah sosial dan juga membela Bangsa Indonesia. Dimana tantangan terhadap kaum muda semakin besar.Hal ini terbukti, banyaknya para kaum muda yang terlibat pengunaan narkoba, pergaulan bebas serta kurangnya semangat dalam membela Negara. Selain itu, para pemuda juga dihadapkan juga dengan berbagai masalah. Seperti masih adanya kaum muda yang putus sekolah dan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

“Dengan adanya peranan gerakan pramuka sebagai lembaga non formal akan menjadikan kaum muda yang mandiri. Gerakan Pramuka harus menjadi pendidikan bagi pilar-pilar Bangsa Indonesia untuk menghadapi globalisasi yang relevan dengan perkembangan zaman,”sebutnya.

Mantan Pangdam I/BB juga menuturkan, dengan peranan pramuka dapat memotivasi kemandirian kaum muda pembentuk karakter generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, untuk perekat bangsa, perlu menciptakan pramuka baru. “Pramuka garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karekter kaum muda.Dalam peringatan hari pramuka, dapat semakin menumbuh kebangkan sifat-sifat pembangunan jiwa dan karakter, khususnya melalui dasa darma yang menjadi pijakan gerakan pramuka. Dimana menjadi sprit dan semangat besar gerakan pramuka, dan juga membentuk jiwa nasionalisme dan kebangsaan kita.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Medan, El Adrian Shah, SE mengungkapkan, gerakan pramuka merupakan media pembelajaran untuk menimba ilmu. Sebab, para pemuda mendapatkan pelatihan mental yang nantinya dapat bermanfaat bagi diri mereka jika menjadi seorang pemimpin di masa depan
.
“Dengan adanya gerakan pramuka akan menjadikan para pemuda khususnya yang ada di Kota Medan akan lebih kuat. Dimana saat ini peredaran narkoba sudah sangat meresah merahkan karena sudah banyak pemuda yang menjadi korban. Selain itu, pemuda juga akan siap menghadapi persaingan-persaingan yang berasal dari luar,” ungkapnya.

Selain Ketua KNPI Kota Medan yang menerima penghargaan Lencana Pancawarsa dari Pangkostrad. Ada juga beberapa tokoh  mendapatkan penghargaan tersebut. Yakni, mantan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Pimpinan Harian Waspada H. Teruna Jasa Said, Dandim 0201/BS letkol Inf. Maulana Ridwan Danlantamal 1, Tokoh Wanita Dewi Budiati Tjs,  Perwakilan Youth Icon Medan Mora Nasution, Sesepuh Pramuka Dini Yuzar, Tokoh Pemuda Musa Rajeck Shah.(Lvz/data2)

Check Also

Sekda Provsu: Pertahankan Eksistensi Pramuka

SIBOLANGIT, Waspada.co.id – Eksistensi Pramuka harus terus dipertahankan dan jangan sampai hilang. Karena Pramuka merupakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: