Breaking News
Home / Medan / Ketua Kesira Sumut: Gus Irawan Sudah Hancurkan Partai Gerindra
Ketua DPD Badan Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Sumut, dr Jhon Robert Simanjuntak. WOL Photo
Ketua DPD Badan Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Sumut, dr Jhon Robert Simanjuntak. WOL Photo

Ketua Kesira Sumut: Gus Irawan Sudah Hancurkan Partai Gerindra

MEDAN, WOL – Ketua DPD Badan Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Sumut, dr Jhon Robert Simanjuntak, secara tegas meminta kepada Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu, untuk turun dari jabatannya dan berkiprah di DPP Gerindra.

Menurutnya, kepemimpinan Gus Irawan sudah menghancurkan Partai Gerindra di Sumut. Oleh karena itulah, Gus sebaiknya berhenti dari posisinya agar Partai Gerindra Sumut tidak rusak, terlebih lagi tahun depan Sumatera Utara akan menghadapi Pilgub yang benar-benar membutuhkan kerja ekstra untuk memenangkan calon yang diusung Gerindra.

“Berhenti jadi Ketua DPD Sumut. Silahkan berkiprah di pusat. Kalau dia yang pegang, kader akan apatis semua, saya tahu itu karena saya mantan Sekretaris DPD,” ketusnya, Selasa (14/11).

Tak cuma itu saja, dr Jhon yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Gerindra menilai, Gus menjalankan Partai Gerindra layaknya sebuah perusahaan dan tanpa ada ideologi.

“Kalau ada kader atau non kader yang mau menyumbang ya lewat jalur resmi, bukan gelap-gelapan. Resmi masuk ke partai yang nanti bisa dipakai untuk membina DPC dan DPD, tidak boleh main gelap-gelapan. Bagaimana partai bergerak tidak ada uangnya. Tapi terima resmi. Nah, saya menduga ada transaksional gelap yang masuk ke kantong pribadi,” sindirnya.

Menurutnya, kinerja Partai Gerindra Sumut saat dipegang Gus rusak pasca Pilkada serentak di 21 Kabupaten/Kota tahun 2015. Sebab, saat itu tidak ada kader yang duduk menjadi bupati.

“Dari pasca pileg itulah untuk meletakkan unsur pimipinan dan kelengkapan dewan di tingkat Kabupaten/Kota intervensi dia mulai masuk. Saya mulai berseberangan dengan dia sejak itu. Karena sarat dengan kepentingan dia. Sampai keluar bahasa si Gus siapa yang main ke atas saya tebas. Itu diucapkannya di depan rumahnya di depan semua Ketua DPC,” bebernya.

Terkait pergantian belasan Ketua DPC Partai Gerindra se-Sumut yang dilakukan Gus, dr Jhon menganggap telah melanggar AD/ART partai. Karena pergantian struktur akan dilakukan pada tahun 2020. Tapi itu juga harus ada mekanisme yang hirarkis di dalam AD/ART. “Prabowo mengatakan tidak boleh ada pergantian DPC. Karena Ketua DPC itu adalah ujung tombak, kecuali ada yang melanggar hukum. Di AD/ART juga diatur jelas di tahun 2020 baru ada pergantian,” imbuhnya.

dr Jhon mencontohkan, kalau misalnya Ketua DPC Karo dan DPC Madina yang dicopot Gus harusnya dibina dulu. Bila memang tidak bisa dibina, diberikan Surat Peringatan (SP) 1, 2 dan 3. Kemudian diajukan ke Mahkamah Kehormatan partai. Hal lain yang dilanggar Gus, sebut Jhon, yaitu orang yang harus duduk di dalam struktur penting di DPC harus betul-betul kader inti Gerindra. “Begitu dia diberhentikan, baru dilakukan proses pergantian sesuai AD/ART. Ini tidak, malah langsung tanpa ada bilang-bilang. Enggak tahu dari mana, tiba-tiba jadi ketua,” tandasnya.

Sebelumnya Sarjana Penggereak Desa (SPD) Kabapten Labura, Nicho Silalahi, mengatakan bahwa Gus Irawan secara tegas telah menyingkirkan pejuang Partai Gerindra. Kepada wartawan, Selasa (7/11) lalu, Nicho menambahkan kalau sikap otoriter Gus dalam memimpin DPD Gerindra Sumut juga terlihat saat para kader menghadiri konsolidasi parta di Regale Convention di Jalan Adam Malik, Januari lalu. Gus ketika itu menggunakan massa dari salah satu ormas untuk mengusir para kader.

Sementara itu, Gus Irawan dalam keterangan resminya, Minggu (5/11),  menyebut pencopotan sejumlah kader merupakan revitalisasi biasa. Katanya, ke-17 DPC tersebut tidak dipecat, melainkan dipromosikan menjadi pengurus di tingkat DPD Sumut. Untuk diketahui, beberapa Ketua DPC Gerindra Kab/Kota di Sumut yang dicopot antara lain, Ketua DPC Karo Abednego Sembiring, Ketua DPC Madina Khoiruddin, Ketua DPC Padang Sidempuan Eddy Matondang, Ketua DPC Deliserdang John Sebayang, Ketua DPC Binjai Supriadi, Ketua DPC Dairi Parlemen Sinaga dan Ketua Labusel Arwie Winata.

Lalu Ketua DPC Tebingtinggi Adlan Lubis, Ketua DPC Paluta Parlinsyah harahap, Ketua DPC Taput Bangkit Silaban, dan Ketua DPC Tobasa Asmadi Lubis.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gus Irawan Pasaribu memberi keterangan pers di kantor Gerindra Jl. DI Panjaitan, Minggu (5/11) kemarin terkait pergantian 17 ketua DPC Gerindra di Sumut. (WOL Photo/Ist)

Gus Irawan: Pergantian 17 Ketua DPC Gerindra, Hanya Revitalisasi Biasa

MEDAN, WOL – Ketua DPD Gerindra Sumatera Utara, Gus Irawan Pasaribu memberikan klarifikasi seputar munculnya ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.