_
Home / Medan / “Kerjasama Elemen Masyarakat Diperlukan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Buruh”
WOL Photo

“Kerjasama Elemen Masyarakat Diperlukan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Buruh”

MEDAN, Waspada.co.id – Berbagai kegiatan dan perlombaan digelar guna memeriahkan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Perayaan tahun ini diikuti ribuan buruh dari 19 serikat pekerja yang ada di Kota Medan.

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH, yang hadir bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto SH MH dan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, turut serta memeriahkan May Day tersebut di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (1/5).

Sebelum perlombaan, Perayaan Hari Buruh Internasional dimulai dengan pemotongan nasi tumpeng. Perayaan Hari Buruh ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang ada, Wali Kota Medan bersama Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB serta Asisten Intelijen Kejatisu, Leo Simanjuntak mengikuti lomba tarik tambang melawan tim wartawan. Perlombaan berlangsung seru. pada ronde pertama tim wartawan berhasil menaklukkan Tim Wali Kota Medan dan Kapolda Sumut, tetapi di ronde kedua dan ketiga giliran wartawan yang taklukkan. Dengan hasil tersebut Tim Wali Kota dan Kapolda Sumut berhasil keluar sebagai pemenang lomba tarik tambang di Perayaan Hari Buruh Internasional.

Selain lomba tarik tambang, perayaan Hari Buruh Internasional di Kota Medan ini juga digelar perlombaan lainnya, di antaranya lomba panjat tebing, lomba pukul guling, lomba balap terpal bakiak dan lomba joget balon. Perayaan Hari Buruh ini semakin meriah dengan diisi hiburan musik dan pesta kuliner serta berbagai hadiah mulai dari sepeda gunung, sepeda motor, dan elektronik.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan pada 2019 ini, isu mengenai Hari Buruh Internasional di Indonesia seolah kalah dan tenggelam dalam hiruk pikuk berita pemilu serentak yang sangat menyita perhatian publik. Padahal masih sangat banyak permasalahan buruh yang belum selesai di tengah meriahnya pesta demokrasi yang hingga kemarin telah menelan sebanyak 331 nyawa petugas tersebut.

“Saya menyampaikan, meskipun sudah sejak lama disadari bahwa peran para buruh sangat signifikan bagi kemajuan Kota Medan, namun upaya konkret untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan para buruh hingga saat ini memang masih belum optimal. Sayangnya, hingga kini level kesejahteraan buruh, khususnya di Kota Medan masih berada di tingkat yang kurang menggembirakan bahkan cukup memprihatinkan,” ucap Wali Kota.

Selanjutnya Eldin mengungkapkan bahwa kesejahteraan buruh harus mampu dijaga dan dijamin oleh pemerintah dan tentunya juga pihak perusahaan yang mempekerjakannya. Buruh yang ada di Kota Medan pun harus bisa memiliki sertifikasi keahlian untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

“Ketika para buruh sudah mengantongi sertifikasi, tentunya akan memudahkan mereka dalam bersaing secara global dan bukan hanya di wilayah Indonesia saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Eldin menjelaskan kerjasama antara seluruh elemen masyarakat antara lain meliputi pemerintah, serikat pekerja, buruh, LSM, media massa dan berbagai elemen lainnya mutlak diperlukan untuk bisa terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para buruh.

“Tanpa adanya kerjasama yang baik, maka niscaya akan sulit untuk bisa memperjuangkan nasib para buruh utamanya yang mencari nafkah di Kota Medan,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wali Kota Ajak Warga Medan Johor Dukung Pembangunan

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan Dzulmi Eldin S mengajak seluruh masyarakat Kota Medan, terkhusus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: