Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Kemendagri: Tidak Benar Kosong Blanko e-KTP Kota Medan
Ilustrasi

Kemendagri: Tidak Benar Kosong Blanko e-KTP Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Pernyataan Kepala Dinas dan Kependudukan Sipil Kota Medan, OK Zulfi, bertolak belakang dengan Kementerian Kependidikan dan Catatan Sipil menyangkut kekosongan blangko e-KTP. Sekretaris Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Gede Suratha, membantah keras bahwa Kota Medan kehabisan stok blanko e-KTP.

“Tidak benar kosong (blanko). Saat ini Kota Medan masih ada stok di atas 1000 keping,” ungkapnya ketika dikonformasi, Selasa (6/11).

Gede menyebut untuk mensiasati ketiadan blanko e-KTP di satu daerah, pihaknya melakukan kebijakan distribusi atau perpindahan dari daerah yang ada di sekitarnya. “Bisa juga kami kirim staf untuk menutup kekurangan seperti yang kami lakukan di Jatim, Jateng, Kalbar, Kampung, NTT, Bali, dan DIY,” jelasnya.

Dia tidak mau berbicara banyak atau sedikit mengenai keberadaan blanko e-KTP. Sebab, pihaknya hanya ingin memastikan bahwa suplay atau pendistribusian ke sejumlah daerah bisa berjalan dengan baik.

“Contoh, di DKI butuh 1,4 juta sampai 17 April 2019. Kita supply hampir setiap hari 5-10 ribu saja. Bukan 1,4 juta kita kasih. Yang lain bisa macat pelayanannya, perlu pengaturan, tidak bisa egois,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Medan kehabisan blanko e-KTP. Selain itu, Disdukcapil juga tidak memiliki tinta untuk mencetak e-KTP.

“Sejak kemarin sudah kehabisan stok (e-KTP). Harusnya di P-APBD ada penambahan untuk membeli tinta, tapi kenyataannya tidak ada (P-APBD),” kata Kadisdukcapil Kota Medan, OK Zulfi kemarin.

Mantan Sekretaris DPRD Medan ini meminta masyarakat Kota Medan bersabar karena stok blanko e-KTP berasal dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sebenarnya beberapa hari lalu ada staf yang menjemput ke blanko sebanyak 2 ribu keping ke Kemendagri. Padahal permintaan 30.000 keping,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Poldasu Dukung Pemko Tertibkan Papan Reklame dan Pool Bus Liar

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto, melalui Dirkrimsus Kombes Rony Samtana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: