Home / Medan / Kemendag dan Mabes Polri Amankan 670 Ton Bawang Impor di Medan
WOL Photo/Eko kurniawan

Kemendag dan Mabes Polri Amankan 670 Ton Bawang Impor di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Kabareskrim Mabes Polri, amankan 670 ton bawang bombay merah asal impor yang diduga tidak memenuhi ketentuan di dua gedung di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/6).

Peninjauan dilakukan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono, bersama pihak Kabareskrim Mabes Polri yang diwakili Direktur Tindak Pidana Khusus, Kombes Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

“Bawang bombay merah impor tersebut, telah diamankan karena diduga terjadi pelanggaran ketentuan impor sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pertanian Nomor 105 Tahun 2017 tentang Karakteristik bawang bombay yang dapat di impor, yakni bawang dengan ukuran umbi minimal 5 cm,” tutur Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono, di Gudang Brengga Rowa Indonesia, Jalan Letda Sujono, Medan.

Diprediksi kerugian negara atas peristiwa tersebut sekitar Rp3,1 triliun. Bawang merah tersebut diduga masuk ke pasar dan menyulitkan petani bawang lokal dalam menjualnya.

“Kita amankan 670 ton bawang bombay merah impor dari 3 tersangka dengan inisial Li H Direktur CV.SMM, And S Direktur dari UD AL, dan Ke H dari CV LH,” jelasnya.

Kalau masalah kerugian, diperkirakan sekitar Rp3,1 triliun mulai dari Januari hingga Juni 2018, kalau diselewengkan.

“Jumlah tersebut dari 168 ribu ton alokasi yang dikeluarkan Kementrian Perdagangan, baru terealisasi 63.989 ton atau 38 persen dengan total kerugian Rp1,3 triliun sedangkan dari 167 ton bawang bombay merah impor sekitar Rp13,4 miliar,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ekonom Sumut: Ini Faktor Melonjaknya Harga Bawang

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah harga kebutuhan pokok khususnya bawang mengalami kenaikan harga. Bawang merah setelah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: