Home / Medan / Kemendag Akan Tindak Tegas Pelanggar Persyaratan Impor
WOL Photo/eko kurniawan
WOL Photo/eko kurniawan

Kemendag Akan Tindak Tegas Pelanggar Persyaratan Impor

MEDAN, WOL – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia akan menindak tegas para pelaku usaha/importir yang melanggar ketentuan persyaratan impor di luar kawasan kepabeanan (post border).

Demikian hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, Oke Nurwan. Dikatakan, hal ini merupakan komitmen Kemendag dalam mengawasi pelaksanaan tata niaga impor di post border.

“Dalam pengawasan penerapan kebijakan  tersebut, masih banyak menjadi pelanggaran persyaratan impor di Pusat Industri Berikat (PIB). Bagi para pelaku usaha/importir yang melanggar ketentuan dikenakan sanksi pencabutan Persetujuan Impor (PI),” tuturnya pada “ Sosialisasi Coaching Clinic Regulasi Pengawasan Tata Niaga Impor Post Border di Medan, Selasa (10/4).

Sosialisasi ini diikuti sekitar 300 peserta yang terdiri atas pelaku usaha, asosiasi, dan instansi terkait. Tujuan kegiatan ini untuk melakukan sinkronisasi atas penerapan aturan pengawasan tata niaga impor di Post Border yang berlaku sejak Februari 2018.

“Dan selama 1,5 bulan sejak pemberlakuan kebijakan tersebut, teridentifikasi sebanyak 25.000 data dan dokumen di PIB yang tidak mengetahui kelengkapan persyaratan impor. Selain itu, ada juga indikasi pemalsuan data kontrak dalam pengajuan persetujuan impor tekstil dan produk tekstil dengan memanfaatkan skema kemudahan untuk Industri Kecil Menengah (IKM),” jelasnya.

Sebanyak 40 juta tekstil dan produk tekstil diajukan didasarkan atas kontrak-kontrak yang sudah kadaluarsa dan tidak sesuai dengan bidang usaha IKM.

“Sementara di lapangan, ada temuan terhadap tujuan kontainer produk holtikultura yang diindikasikan terdapat pemalsuan dokumen post border, temuan ini diperoleh berdasarkan nota intelijen,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kami sangat mengimbau kepada para pelaku usaha, untuk bisa melakukan usahanya sesuai dengan aturan dengan mekanisme yang sudah ada,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Ega Ibra

Happy Djarot: Wanita Indonesia Harus Punya Mimpi

MEDAN, Waspada.co.id – Hidup memang tentang pilihan. Setiap wanita pun berhak menentukan dan mengambil pilihannya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.