_
Home / Medan / Kejatisu Akan Eksekusi Wabup Paluta
Kasi Penkum Kejati Sumatera Utara, Sumanggar Siagian. (WOL Photo/Lihavez)

Kejatisu Akan Eksekusi Wabup Paluta

MEDAN, Waspada.co.id – Kejatisu siap mengeksekusi Wakil Bupati Paluta, Hariro Harahap, yang divonis hukuman 1 bulan 15 hari penjara dalam kasus pemilu. Namun, eksekusi dilakukan jika kasus ini sudah berkekuatan hukum. Demikian ditegaskan Kasi Penkum Kejati Sumatera Utara, Sumanggar Siagian, Senin (13/5).

“Sebelumnya Wabup Paluta dituntut 3 bulan penjara. Setelah itu diputus majelis hakim 1 bulan 15 hari. Karena ini perkara Pemilu, saat ini kita masih ada masa tenggang untuk pikir-pikir selama 3 hari. Berarti Selasa (besok) kita sampaikan sikap jaksa terima atau upaya hukum banding ke PT,” ujarnya.

Sumanggar menegaskan, jika terdakwa tidak mengajukan banding dan jaksa menerima putusan itu, maka pihaknya akan melakukan eksekusi sesuai putusan Pengadilan Negeri Padangsidempuan.

“Jadi tidak perlu izin ke Mendagri atau Presiden, sesuai undang-undang sebagai eksekutor, maka akan kita langsung eksekusi,” sebutnya.

Sebelumnya, pada persidangan Kamis (9/5/) di Pengadilan Negeri Padangsidimpuan menjatuhkan hukuman 1 bulan 15 hari kepada Hariro. Dia terbukti bersalah melakukan politik uang untuk memenangkan sang istri yang maju sebagai calon legislatif.

Hariro ditangkap oleh Tim Satgas Anti Politik Uang Polres Tapanuli Selatan bersama 14 orang yang diduga terlibat politik uang untuk memenangkan salah satu caleg DPRD Kabupaten Paluta, pada Senin (15/4) dini hari.(wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ditangkap Poldasu, Mujianto Malah Ditangguhkan Kejatisu

MEDAN, Waspada.co.id – Kerja keras Polda Sumut dalam menangkap tersangka Mujianto yang buron selama tiga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: