_
Home / Medan / Kedapatan Buang Sampah, Wakil Wali Kota Tegur Warga
WOL Photo

Kedapatan Buang Sampah, Wakil Wali Kota Tegur Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mendapati seorang warga membuang sampah di pinggiran Sungai Babura Jalan Mongonsidi, Minggu (28/7).

Perilaku tak terpuji tersebut dipergoki Wakil Wali Kota bersama Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan usai megikuti CFD di Lapangan Merdeka Medan. Sontak pria paro baya mengenakan kaos putih yang membuang sampah seenaknya itu langsung ditegur dan dimarahi.

Tampak Wakil Wali Kota sangat kecewa dengan ulah pria tersebut. Menurutnya, perilaku seperti itu yang kerap menyebabkan Pemko Medan dinilai negatif dari sejumlah pihak. Padahal, Pemko Medan terus berupaya melakukan berbagai langkah dan upaya guna mengantisipasi masalah sampah. Namun sayang upaya dan kerja keras yang dilakukan ternyata belum sepenuhnya didukung seluruh lapisan masyarakat, terbukti masih ada masyarakat yang buang sampah sembarangan.

‘’Sungguh disayangkan masih saja kita dapati warga yang membuang sampah sembarangan, apalagi ke dalam sungai. Padahal Pemko Medan terus gencar melakukan pembersihan dan pengorekan baik drainase maupun sungai sebagai upaya meminimalisir terjadinya banjir sekaligus memberi rasa nyaman kepada warga. Tapi nyatanya warga tidak mendukung langkah yang dilakukan pemerintah. Justru tak jarang, pemerintah selalu menjadi ‘kambing hitam’ tiap kali genangan air terjadi,’’ ujar Wakil Wali Kota.

Selanjutnya Wakil Wali Kota pun minta kepada pria tersebut untuk mengambil kembali sampah yang telah dibuangnya. Hal itu dilakukan untuk mengedukasi kepada pria tersebut, termasuk warga sekitar agar tidak buang sampah sembarangan kembali. Sebab, kawasan yang dijadikan pria itu untuk buang sampah telah banyak dipenuhi sampah. Ditengarai, kawasan itu telah dijadikan warga sekitar untuk lokasi pembuangan sampah.

Usai mengambil kembali sampah yang telah dibuang pria tersebut, Wakil Wali Kota kemudian menginstruksikan Kadis DKP Kota Medan untuk membuat surat pernyataan sekaligus pendataan guna mengetahui tempat tinggalnya. Sebab nantinya, camat, lurah dan kepling di wilayah tersebut akan diminta untuk mengawasi para warga sekitar. Jika didapati kembali membuang sampah sembarangan, maka akan diberi sanksi tegas guna memberikan efek jera.

Menyikapi instruksi Wakil Wali Kota, Kadis DKP Kota Medan M Husni pun kemudian meminta pria tersebut untuk membuat serta menandatangani surat pernyataan. Apabila kedapatan buang sampah lagi, tegas Husni, maka sanksi tegas akan dijatuhkan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Nawal Harapkan Ubah Paradigma Masyarakat Terhadap Sampah

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) memiliki perhatian serius terhadap permasalahan sampah. Karena itu, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.