Home / Medan / Kasus Kebakaran di Medan Menurun Dari Tahun Lalu
WOL Photo

Kasus Kebakaran di Medan Menurun Dari Tahun Lalu

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (DP2K) Medan, Marihot Tampubolon, menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2017 lalu, Jumlah kasus kebakaran di Kota Medan mencapai 201 kasus. Di mana, 122 kasus kebakaran yang terjadi disebabkan oleh korsleting listrik.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi D DPRD Medan dalam rangka evaluasi serapan anggaran triwulan I APBD 2018 dinas tersebut.

“Kasus kebakaran tahun ini masih didominasi korsleting listrik dengan 122 kasus. Sedangkan sisanya seperti ledakan kompor atau gas, lampu, lilin, rokok, maupun kelalaian manusia itu sendiri,” jelasnya, kemarin.

Dikatakan, jumlah kasus kebakaran di Kota Medan sepanjang tahun 2017, menurun dibandingkan tahun 2016 yakni 246 kasus.

“Hal ini menunjukkan masyarakat kian sadar akan bahaya kebakaran, mengganti kabel-kabel listrik yang sudah uzur dengan yang baru serta sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI),” ujarnya.

Lebih lanjut Marihot menjelaskan, seiring menurunnya kasus kebakaran di tahun 2017 dibandingkan tahun sebelumnya, otomatis hal itu juga membuat angka kerugian materil menurun dari Rp898 miliar di 2016 turun menjadi Rp42 miliar di tahun 2017.

“Selain itu jumlah korban juga menurun. Jika di 2016 jumlah korban 17 orang luka-luka dan 12 orang meninggal, di tahun 2017 menurun menjadi 14 orang-orang luka-luka dan 6 orang meninggal,” bebernya.

Dari 21 kecamatan di Kota Medan, sambung Marihot, Medan Helvetia menjadi kecamatan dengan kasus kebakaran terbanyak sepanjang 2017 dengan 24 kasus.

“Sedangkan Kecamatan Medan Polonia dan Medan Selayang menjadi kecamatan dengan angka kasus kebakaran terendah yakni masing-masing 4 dan 5 kasus,” urainya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pasar Petisah Terbakar, Pedagang Berhamburan Keluar

MEDAN, Waspada.co.id – Pasar Petisah, Senin (13/8) pagi terbakar. Akibatnya ratusan pedagang berhamburan menyelamatkan barang dagangannya keluar. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: