Breaking News
Home / Medan / Kapolsek Delitua Beri Tips Cara Mengenali Uang Palsu
WOL Photo
WOL Photo

Kapolsek Delitua Beri Tips Cara Mengenali Uang Palsu

MEDAN, WOL – Kapolsek Delitua, Kompol Wira Prayatna, mengungkapkan cara membedakan uang asli yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, bila dilihat, uang yang asli memiliki warna yang cerah, tidak luntur, warna tidak patah-patah.

Sedangkan uang yang palsu berwarna pucat dan seperti luntur. Selain itu uang yang asli mempunyai tanda air yang menggambarkan tokoh-tokoh pahlawan nasional, mempunyai benang tali pengaman yang berada di dalam uang kertas terlihat seperti dianyam.

“Dari segi kertas sebagai bahan pembuatannya, antara uang asli dan palsu biasanya ada perbedaan. Uang yang palsu biasanya berbahan kertas yang tipis, dan mudah lecek. Kalau lecek permukaannya seperti koran. Sedangkan kalau uang yang asli berbahan kertas agak lebih tebal dan halus. Dan bila diusap-usap pada bagian angka akan terasa agak timbul/menonjol,” ungkapnya, Senin (16/10).

Wira menuturkan bagi masyarakat yang menerima diduga uang palsu agar menerapkan sebagaimana petunjuk dari Bank Indonesia dengan cara dilihat diraba dan diterawang (3D). Selain itu, bagi masyarakat yang menemukan uang palsu agar lapor ke petugas kepolisian atau manfaatkan aplikasi “Polisi Kita Sumut” dalam pelaporan.

“Polsek delta agar berkoordinasi dgn sat reskrim Polrestabes Medan pihak Bank Indonesia untuk mencegah dan mengungkap peredaran uang palsu,” tuturnya.

Diketahui, Polsek Delitua meringkus dua pelaku pengedar uang palsu bernama Rahmad Efendi Sembiring (40) warga Desa Batu Mbelin, Kecamatan Namorambe dan Ahmad Anto (53) warga Jermal III, Bangun Sari I, Kelurahan Datuk Kabu, Kecamatan Percut Seituan. Dari tangan kedua tersangka petugas menyita uang palsu sebesar Rp 6,5 juta.

Atas perbuatannya kedua tersangka dipersangkakan menyimpan, mengedarkan uang palsu sebagaimana dimaksud dlm pasal 36 ayat 2 dan ayat 3 UU RI No 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 thn dan denda Rp 50 Milyar. (wol/lvz/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

2 Pengedar Narkoba Kompak Masuk Bui

MEDAN, WOL – Satres Narkoba Polrestabes Medan, meringkus dua tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.