_
Home / Medan / Kapolrestabes Wajibkan Personil Berseragam Pakai Tongkat, Pluit, dan Borgol
WOL Photo

Kapolrestabes Wajibkan Personil Berseragam Pakai Tongkat, Pluit, dan Borgol

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr Dadang Hartanto, mengecek kelengkapan personel saat memimpin apel di Lapangan Mapolrestabes Medan, Senin (14/10).

Dalam arahan, Kombes Pol Dr Dadang Hartanto, mengatakan para personil harus menggunakan atribut dan perlengkapan yang standar sebagai anggota polisi umum.

“Saya ingin mengembalikan untuk memahami tugas pokok. Tugas pokok itu adalah mengelola keamanan, menjaga, keamanan. Untuk pengamanan mulai dari pengamanan perorangan, individu yang mungkin kategorisasinya orang biasa, VVIP, maupun pengamanan kelompok, masyarakat, pengamanan objek, pengamanan tempat wilayah yang menjadi tugas pokok kita,” ujarnya.

Untuk cara mengamankannya, Dadang mengungkapkan dimulai dari langkah-langkah deteksi dini preemtif, preventif, sampai dengan penegakan hukum.

“Jadi saya ingatkan lagi tugas pokok kita adalah mengamankan harkamtibmas dalam tugas pokok Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 yaitu tugas pokok sebagai penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat. Sehingga kalau melihat polisi maka orang akan berpikir aman,” ungkapnya.

Dijelaskan, deteksi dini dibarengi dengan tindak preemtif sehingga orang yang akan melakukan kejahatan diimbau untuk tidak melakukan kejahatan.

Preemtif sasarannya adalah niat, kesadaran orang, mindset cara berpikirnya niat akan melakukan kejahatan agar tidak melakukannya.

Sedangakan, tindak preventif akan memberikan efek pencegahan dengan menggunakan seragam dinas juga. Sehingga akan menimbulkan efek pencegahan apabila adanya orang melakukan ancaman.

“Hari ini saya perintahkan semuanya yang menggunakan seragam wajib memakai pluit, borgol, dan tongkat. Untuk reskrim saya minta wajib menggunakan borgol dan setiap petugas keamanan dalam melaksanakan tugas wajib diperiksa peralatan,” pungkasnya. (wol/lvz/data2)

适适

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Warga Tolak Pemakaman Jenazah Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komunitas Sepeda Amphibi, Zunaidi Kliwon, mengutuk keras aksi teror yang dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.