Home / Fokus Redaksi / Kapolrestabes: Debt Collector Jangan Gunakan Cara Preman
WOL Photo/Lihavez

Kapolrestabes: Debt Collector Jangan Gunakan Cara Preman

MEDAN, Waspada.co.id – Masih banyak masyarakat yang belum memahami UU No 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia sehingga terjadi perampasan, kekerasan untuk menarik unit dari nasabah.

Akibat dari perampasan dan kekerasan muncul situasi kamtibmas di depan publik, seakan-akan terjadi premanisme.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, Selasa (8/5), mengatakan hubungan antara pihak perusahaan (leasing) terhadap nasabah awalnya harmonis. Namun dalam proses pembayaran tidak harmonis lagi.

“Saya menyoroti bagaimana UU No 42 Tahun 1999 tentang jaminan fidusia diperlakukan untuk mengtasi masalah sengketa. Yang awalnya harmonis namun karena ada masalah pembayaran jadi enggak harmonis,” ungkapnya saat sosialisasikan UU No 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia.

Dadang menambahkan, sebenarnya UU No 42 tahin 1999 ini adalah masalah perdata. Namun karena ada masalah kekerasan muncul tindak pidana.

“Cara bertindak diluar prosedur yang selama ini ditakutkan oleh masyarakat atau nasabah. Cara bertindak yang di luar prosedur. Seharusnya pihak leasing selektif dalam memprofilling calon nasabah. Jangan ketika dalam proses pembayaran terjadi kredit macet hingga laporan polisi. Dari awal, leasing harus tahu apakah nasabah sanggup melakukan pembayaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Dadang, bagaimana metode melakukan eksekusi terhadap unit dari nasabah agar tidak menimbulkan dampak kekarasan, premanisme.

“Nah bagaimana cara atau metode melakukan eksekusi terhadap unit dari nasabah. Seperti saya katakan tadi dalam proses profilling pihak perusahaan harus selektif. Jika dari hulu sudah baik pasti hilir juga baik. Enggak ada lagi eksekusi dengan cara kekerasan,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolri Diminta Tuntaskan Kasus Berdarah di Unimed

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, diminta turun tangan menyelesaikan kasus pengeroyokan hingga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: