_
Home / Medan / Kapolres Belawan Mediasi Kisruh Rumah Ibadah
WOL Photo

Kapolres Belawan Mediasi Kisruh Rumah Ibadah

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis, memediasi warga Blok 8 Lingkungan 8, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Selasa (15/1).

Mediasi yang dilakukan pasca kisruh aksi protes warga terhadap rumah ibadah. Pada pertemuan itu turut dihadiri Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto, Camat Medan Labuhan Arrahmam Pane, Lurah Besar, FKUB Medan, Pendeta GBI Filadelfia Janfrans Saragih, dan mewakili Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kapolres Belawan, mengatakan pertemuan mediasi mencari solusi dalam menciptakan situasi kamtibmas atas adanya permasalahan yang timbul di masyarakat terkait keberadaan rumah ibadah gereja.

Selain itu, ia juga mengingatkan para warga muslim dan jemaah gereja untuk saling menjaga situasi kondusif apalagi saat ini menjelang Pemilu 2019.

“Kepada para awak media agar menyajikan berita yang berimbang dalam persoalan ini atau tidak berat sebelah sehingga dapat memberikan informasi yang sejuk bukan provokasi atau menyebar berita hoax sehingga terjaga situasi kondisi situasi Kamtibmas yang sejuk,” katanya.

Diketahui sebelumnya pada 6 Desember 2018 bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kapolsek Medan Labuhan Koramil telah mengadakan mediasi di kantor camat dengan hasil kesepakatan diberi tenggang waktu hingga 6 Januari 2019.

Pendeta Jan Frans Saragih mengaku terpaksa menandatangani surat peryataan atas adanya desakan warga serta menghormati pihak Kepolisian pada 13 Januari 2019.

Pendeta Janfrans berharap agar izin rumah ibadah tak dipersulit karena dimana-mana pembangunan gereja dulu baru mengurus izinnya.

Sementara itu, Camat Medan Labuhan, Arrahman Pane, menegaskan pihaknya tak ada mempersulit urusan izin rumah ibadah maupun sekolah.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Separuh Pastor Belanda Dilaporkan Tutupi Kasus Pelecehan Anak

AMSTERDAM, Waspada.co.id – Lebih dari separuh pastor senior Belanda disebut menutupi kasus pelecehan seksual terhadap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.