_
Home / Fokus Redaksi / Kapoldasu: Perayaan Imlek Aman di Sumut
WOL Photo

Kapoldasu: Perayaan Imlek Aman di Sumut

MEDAN, WOL – Kapolda Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, mengungkapkan Perayaan Imlek 2568 di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

“Alhamdulilah Imlek 2017 di Sumut aman,” terangnya, Sabtu (28/1).

Kapolda menyebutkan, khusus di Kota Tanjung Balai yang beberapa bulan lalu sempat terjadi kerusuhan antara etnis Tionghoa dan Umat Muslim, Polda Sumut mengklaim kondusifitas dapat terwujud karena rehabilitas pascakonflik yang dilakukan di daerah itu berjalan dengan baik.

“Laporan yang saya terima perayaan Imlek 2568 di seluruh wilayah di Sumatera Utara berjalan baik, termasuk dua wilayah menjadi atensi kita, yakni Medan dan Tanjungbalai,” sebutnya.

Kapolda menuturkan upaya rehabilitasi pascakonflik di Tanjungbalai dilakukan dengan pendekatan restorative justice, tanpa menghilangkan pendekatan criminal justice system yang sudah ada.

“Kita sudah melakukan mitigasi di sana. Mitigasi yang kita sebut dengan restorative justice, yakni keadilan yang memulihkan. Pembuktian untuk perbuatan yang melanggar hukumnya tetap, tapi ada upaya lanjutan untuk mewujudkan keadilan yang memperbaiki jaringan hubungan sosial masyarakat yang rusak akibat daripada konflik yang terjadi,” jelas Rycko.

“Kegiatan kita terus menjaga dengan melakukan upaya islah, rekonsiliasi, upaya-upaya untuk mendamaikan saudara-saudara kita, menghilangkan kesalahpahaman, tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar, itu selalu kita bangun. Supaya saudara-saudara kita dapat hidup dengan rukun, harmoni dan toleransi di sana,” tambahnya.

Diketahui, Polda Sumut menyiagakan 4.287 personel gabungan jelang Perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2017. Hal itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jadi Google Doodle, Ini Sosok Ani Idrus Tokoh Pers dari Medan

Waspada.co.id – Google Doodle hari ini menampilkan gambar sosok perempuan berlatar belakang lembaran koran. Ia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.