Home / Medan / Kapoldasu: Pengusaha UMKM Diperas Polisi Ternyata Kasus Lama
WOL Photo

Kapoldasu: Pengusaha UMKM Diperas Polisi Ternyata Kasus Lama

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengungkapkan kasus para pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diperas oknum polisi merupakan kasus lama.

“Setelah diselidiki ternyata para pengusaha UMKM diperas oknum polisi merupakan kasus lama yang terjadi pada tahun 2014 hingga 2015,” ungkapnya, Senin (23/4).

Walau begitu, sambung Paulus, akan mengecek kebenaran informasi adanya pemerasan terhadap pengusaha UMKM.

Pelanggaran aturan seperti ini atau penyalahgunaan prosedur seharusnya tidak adalagi di era Kapolri Jenderal Tito Karnavian tetapi Polda Sumut bersyukur karena adanya pengaduan ini dan akan segera ditindak lanjuti.

“Polda Sumut akan benar-benar menyelesaikan permasalahan ini yang akan melibatkan Propam (Provos dan pengamanan) yang tugasnya untuk menindak personil yang kurang disiplin,” tegasnya.

Paulus menuturkan permasalahan ini juga terkait dengan etika kepolisian, yang bisa menjadikan para pelaku pemerasan ataupun oknum dikenakan hukuman atau tindakan PTDH (pemecatan tidak dengan hormat).

Menurutnya, UMKM ini penting untuk masyarakat karena susahnya mencari pekerjaan, tetapi membuka usaha juga harus memenuhi syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Periode Polda Sumut saat ini, adalah periode yang terbuka ataupun transparan. Apabila perusahaan yang memerlukan pengamanan khusus bisa langsung menginformasikan kepada Dir Pam Obvit Polda Sumut, sehingga akan ada personil yang menjaga keamanan di perusahaan,” tuturnya.

Jenderal bintang dua ini berharap kedepannya Polda Sumut harus bersinergi dengan pihak-pihak tertentu seperti pemerintah daerah untuk lebih mempermudah para UMKM dalam mengurus surat-surat yang diperlukan saat membuka usaha.

Sebelumnya, Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Sat Reskrim Polrestabes Medan mendirikan Posko Pelayanan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di lantai I Gedung Sat Reskrim Polrestabes, Kamis (19/4).

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yuda Prawira, didampingi Kanit Tipiter, Iptu Ucox P Nugraha Rambe, mengatakan tujuan pendirian posko UMKM ini adalah untuk memberikan informasi kepada pelaku usaha dalam pengurusan surat izin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Jadi pendirian posko ini semata-mata untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya pelaku usaha soal pengurusan surat izin UMKM,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapoldasu Pastikan Pemilu 2019 Aman di Nias

GUNUNG SITOLI, Waspada.co.id – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto, didampingi Ketua Bhayangkari Polda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: