Home / Medan / Kapoldasu Lepas Pawai Obor
WOL Photo

Kapoldasu Lepas Pawai Obor

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menghadiri acara pelepasan pawai obor di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Kamis (16/8) malam. Pelepasan pawai obor dilakukan bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia Tahun 2018.

Pelepasan pawai obor ini dilakukan rutin setiap tahun jelang peringatan Hari Kemerdekaan. Biasanya pelepasan pawai obor dilakukan setiap malam hari tanggal 16 Agustus sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah pelepasan pawai obor, acara akan diakhiri dengan upacara militer yang dilakukan tengah malam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan.

Kapoldasu, Irjen Pol Drs Paulus Waterpaw, melepas pawai obor yang diikuti ribuan peserta terdiri dari para pelajar, anggota TNI dan Polri, Apratur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah instansi di lingkungan Pemko Medan dan Provinsi Sumut, pramuka serta organisasi kepemudaan. Seluruh peserta tampak antusias dan penuh semangat mengikuti pawai obor tersebut.

Sebelum pelepasan dilakukan, Kapoldasu yang bertindak sebagai inspektur upacara lebih dulu menyalakan obor secara simbolis kepada salah seorang peserta pawai. Setelah itu peserta pawai menghidupkan obornya masing-masing dan mereka selanjutnya dilepas Kapoldasu didampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Ibnu Widodo, Pj Gubsu, Eko Subowo, Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman serta unsur Forkopimda Sumut lainnya dan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution MSi.

Para peserta pawai selanjuntya berjalan beriringan mengikuti rute yang telah ditetapkan dengan langkah tegap dan penuh semangat. Sebab, pawai obor ini merupakan simbol semangat pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Rute pawai obor akan berakhir di depan TMP Bukit Barisan. Setelah itu para peserta pawai obor akan mengikuti apel kehormatan sekaligus renungan suci sekitar pukul 00.00 WIB tengah malam.

Selesai pelepasan pawai obor, Wakil Wali Kota sangat mendukung penuh digelarnya pawai obor dan digelar rutin sehari jelang Hari Kemerdekaan. Dia menilai, pawai obor merupakan simbol semangat perjuangan yang terus menyala dalam melawan segala bentuk penjajahan di atas dunia. “Semangat ini harus terus menyala dalam jiwa kita masing-masing untuk menentang segala bentuk penjajahan,” tukas Wakil Wali Kota.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

DPRD Sebut Penguasa Papan Reklame di Medan Tak Tersentuh Penertiban

MEDAN, Waspada.co.id – Juru bicara Fraksi Golkar DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe, menilai Pemerintah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: