Home / Fokus Redaksi / Kapoldasu Keluarkan Maklumat Basmi Premanisme
WOL Photo/Ega Ibra

Kapoldasu Keluarkan Maklumat Basmi Premanisme

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara, terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat Sumatera Utara dari tindakan premanisme. Untuk itu, Kapolda Sumut, Brigjen Pol Agus Andrianto, mengeluarkan maklumat tentang pencegahan dan pemberantasan aksi premanisme.

Adapun maklumat Jenderal Bintang Satu itu sebagai berikut, premanisme adalah kegiatan sekelompok orang yang mendapatkan penghasilannya terutama dari pemerasan sekelompok masyarakat lain serta menimbulkan keresahan masyarakat.

Kemudian, setiap orang secara melawan hukum memaksa orang lain supaya melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu dengan memakai kekerasan, atau dengan ancaman kekerasan, dapat dipersangkakan melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 335 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun penjara.

Masih maklumat, setiap orang memaksa dan meminta sesuatu dari orang lain dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan sesuatu barang kepunyaan orang itu atau orang lain, maka orang tersebut dapat diprasangkakan melakukan tindak pidana pemerasan sebagaimana diatur dalam Pasal 368 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 9 tahun.

Setiap orang atau kelompok yang melakukan ancaman pencemaran nama baik dengan lisan maupun tulisan atau dengan ancaman akan membuka rahasia, memaksa seseorang supaya memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaannya atau orang lain atau supaya memberikan utang maupun menghapus piutang, maka orang tersebut dapat dipersangkakan melakukan tindak pidana pengancaman sebagaimana diatur dalam Pasal 369 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun.

Setiap orang yang sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi atau dokumen elektronik yang berisikan ancaman atau menakut-nakuti secara pribadi, dapat diprasangkakan melakukan Pasal 29 UU No 11 tahun 2018 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45B UU No 19 tahun 2016.(wol/roy/data1)
Editor: AGUS UTAMA

Check Also

Masih Ada Pengusaha Advertising Acuhkan Imbauan Kapoldasu

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH, telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: