Newsticker
WOL / Fokus Redaksi / Kapoldasu: Boleh Demo Asalkan Tertib, Santun dan Bermartabat
WOL Photo
WOL Photo

Kapoldasu: Boleh Demo Asalkan Tertib, Santun dan Bermartabat

MEDAN, WOL – Kapoldasu, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, meminta jika masyarakat atau kalangan mahasiswa yang mau menggelar aksi unjuk rasa Kamis (12/1) besok, sebaiknya dilakukan dengan tertib, santun dan bermartabat.

“Sampaikan dengan baik. Jangan mengganggu ketertiban umum, tidak melanggar peraturan yang berlaku apalagi merusak kepentingan publik,” imbaunya didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Rina Sari Ginting, Rabu (11/1).

Ditegaskan sampai saat ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan dari pihak yang ingin menggelar unjuk rasa. Kalau memang ingin menyampaikan aspirasi dengan turun ke jalan, sebutnya, sebaiknya beritahu polisi agar bisa dilayani secara baik.

Selain itu, disinggung kesiapan Polri jika memang ada elemen mahasiswa atau masyarakat yang unjuk rasa terkait kenaikan harga-harga, Kapoldasu memastikan itu sudah menjadi kewajiban. “Itu sudah kewajiban kami. Apalagi di Medan hampir setiap hari ada unjuk rasa,” ujar Rycko.

Soal obyek vital yang mendapat pengawalan atau perhatian khusus sebagai antisipasi, Kapoldasu memastikan tetap mendapat penjagaan ketat.

“Beberapa hari lalu, kita sempat berkomunikasi dengan mahasiswa termasuk isu unjuk rasa Kamis (12/1), mereka menyatakan belum ada rencana turun ke jalan untuk menggelar unjuk rasa. Apalagi sebagian sedang menghadapi ujian akhir, ada juga yang baru masuk setelah liburan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, mengaku sehari sebelumnya juga memastikan pihaknya belum mendapat laporan dari masyarakat atau kelompok tertentu yang ingin  melaksanakan unjuk rasa pada tanggal tersebut. “Namun yang pasti kami tetap siap, apakah memang ada unjuk rasa atau tidak,” bebernya.

Diketahui, Polda Sumut dan Polrestabes Medan telah menyiagakan sedikitnya 590 personel dalam demo BEM se Kota Medan pada Kamis (12/1) Besok. Mereka menolak kenaikan Tarif dasar listrik (Tdl), Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah ditetapkan pemerintah.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Baca Juga

WOL Photo/lihavez

Kasus Penistaan Agama Islam Segera Disidangkan

MEDAN, WOL – Kejaksaan Negeri Medan segera menyidangkan Anthoni Hutapea tersangka penistaan agama Islam melalui ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.