Home / Fokus Redaksi / Kapolda Tegaskan Polri Tetap Netral di Pilkada Sumut
WOL Photo

Kapolda Tegaskan Polri Tetap Netral di Pilkada Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menegaskan bahwa Polri dipastikan akan tetap menjaga  netralitas dalam pelaksanaan proses Pemilukada Sumut.

Hal ini disampaikan Jenderal Bintang Dua ini, terkait tudingan sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Presedium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara saat menggelar unjuk rasa di gedung DPRD Sumut, kemarin.

“Aksi tersebut sah-sah saja karena mahasiswa ingin menyampaikan aspirasinya kepada lembaga perwakilan rakyat. Namun apa yang menjadi tuntutan melalui pernyataan sikap tertulis tersebut tidak memiliki dasar yang jelas dan hanya menuding. Kita pastikan Polri akan selalu netral dalam Pilkada Sumut,” tutur Waterpauw di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Kamis (26/4).

Untuk itu Kapolda meminta para mahasiswa yang tergabung dalam Presidium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara untuk tidak melempar isu yang dapat berujung fitnah dan menimbulkan persepsi negatif di masyarakat.

“Hendaknya kita sama-sama menjaga agar proses pelaksanaan Pemiluka Sumut nanti dapat berjalan dengan baik,” sambungnya.

Senada, Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan pihaknya yakin polisi tetap netral.

“Enggak mungkin itu. Kapolda saja tidak ada familinya di sini. Apalagi, Kapolri dan Panglima TNI sampai datang ke Medan untuk menegaskan bahwa Polri dan TNI akan selalu netral,” tegasnya.

MP Nainggolan menyatakan terkait kasus pidana pemilu JR Saragih yang dinilai jalan di tempat, bukan ditangani Polda Sumut tetapi Sentra Gakkumdu.

“Kasus itu ditangani Gakkumdu. Ada polisi, ada jaksa, ada panwas, satu atap. Bukan Polda Sumut saja. Sama seperti di KPK ada polisi ada jaksa. Itu tetap Gakkumdu bukan Polda Sumut,” jelasnya.

Sebelumnya, sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Presidium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Rabu (25/4) siang.

Dalam aksinya, mereka mendesak lembaga DPRD Sumut untuk memanggil Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, karena dianggap tidak netral dalam proses Pemilukada Sumatera Utara.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Din Syamsuddin Mundur, Ini Kata Jokowi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengaku belum menerima surat pengunduran diri dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: